Loading...

Pj Kuningan Tinjau Lokasi Perkebunan Tembakau dan Tempat Produksi, Molegede dan Paliken Terdaftar Variates Unggul

KUNINGAN (OKE)- Pj Bupati Kuningan Iip Hidajat meninjau perkebunan dan tempat produksi mologede dan paliken di Desa Karanganyar Kecamatan Darma. Kunjungan itu dilakukan pada Senin (2/9/2024).

Tampak dalam rombongan mendampingi Kadiskatan Dr Wahyu Hidayah dan para pejabat lainnya, Camat Darma Rangga Apriyatna. Kunjungan itu diterima oleh Kepala Desa dan warga setempat.

Kunjunga ke Karanganyar pasca dua varietas tembakau molegede dan paliken mendapatkan sertifikat tanda daftar. Adapun Penyerahan sertifikat ini dilakukan di Pendopo Kuningan pada Jumat 30 Agustus 2024 oleh Kepala Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Dr Leli Nuryati MSc kepada Pj Bupati Kuningan Iip Hidajat.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk memantau perkembangan dan melihat kualitas tanaman serta hasil panen dari tanaman tembakau yang merupakan salah satu komoditas unggulan daerah.Dalam kunjungannya itu Pj  bupati sangat bersyukur setelah mendapatkan sertifikat untuk tembakau khas Kuningan. 

Terlebih saat ini permintaan pasar akan produk tembakau khas Kuningan ini cukup meningkat. Iip juga menekankan pentingnya inovasi dan teknologi dalam meningkatkan hasil produksi serta daya saing tembakau Kuningan di pasar nasional dan internasional. 

Selain itu, Pj. Bupati memberikan dorongan untuk peningkatan pelatihan bagi petani guna memaksimalkan potensi hasil tembakau. “Keberhasilan dalam budidaya tembakau ini bukan hanya berdampak pada peningkatan ekonomi petani, tetapi juga pada penguatan perekonomian daerah secara keseluruhan,"  sebutnya.

Iip berharap adanya regenerasi petani pada sektor tembakau. Pihaknya menginginkan agar generasi muda mau terjun di dunia pertanian tembakau. 

Dikatakan, regenerasi petani tembakau penting untuk memastikan keberlanjutan industri tembakau, mengatasi masalah penurunan jumlah petani, dan meningkatkan produktivitas serta kualitas hasil tembakau. 

Dengan regenerasi memungkinkan transfer pengetahuan dan keterampilan dari generasi tua ke generasi muda, menjaga kualitas dan teknik budidaya yang baik. Dan dengan melibatkan petani muda sering kali berhubungan dengan adopsi teknologi baru, yang dapat meningkatkan efisiensi dan hasil produksi. Regenerasi membantu menjaga daya saing industri tembakau di pasar global dengan mengadaptasi praktik modern dan berkelanjutan.” tandas Iip

Sementara itu Kadiskatan Kuningan Wahyu  menegaskan komitmen pemerintah daerah dalam mendukung pengembangan sektor pertanian, khususnya dalam budidaya tembakau.

“Kunjungan Pj. Bupati merupakan bentuk dukungan yang sangat berarti bagi para petani tembakau di Kabupaten Kuningan. Kami sangat menghargai perhatian dan arahan yang diberikan, yang tentunya akan menjadi motivasi tambahan bagi kami dan para petani dalam upaya meningkatkan kualitas serta kuantitas produksi tembakau.

Wahyu juga menambahkan, pihaknya  akan terus bekerja sama dengan para petani dan pihak-pihak terkait untuk pengembangan dan praktik terbaik dalam budidaya tembakau. Ini adalah bagian dari upaya kami untuk memastikan bahwa sektor pertanian, khususnya tembakau, dapat tumbuh secara berkelanjutan dan memberikan manfaat maksimal bagi ekonomi daerah.

Kadis Katan juga menggarisbawahi pentingnya pelatihan dan pemberdayaan petani sebagai kunci untuk meningkatkan daya saing produk tembakau Kuningan. 

“Kami berkomitmen untuk menyediakan dukungan teknis dan pelatihan yang diperlukan bagi petani. Dengan demikian, kami yakin bahwa tembakau Kuningan akan semakin dikenal dan dihargai, baik di pasar nasional maupun internasional.(rdk)

Posting Komentar untuk "Pj Kuningan Tinjau Lokasi Perkebunan Tembakau dan Tempat Produksi, Molegede dan Paliken Terdaftar Variates Unggul "