Loading...

Pj Bupati Tinjau 4 Situs, Salah Satunya Makam Penguasa Kuningan

 

KUNINGAN (OKE)- Setelah mengunjungi  banyak tempat salah satunya Situs Gunung Tilu pada bulan Februari 2024, Pj Bupati Kuningan Iip Hidajat  kembali meninjau empat situs pada Selasa (10/9/2024).

Adapun ke empat situs itu adalah situs makam Van Beck yang merupakan penguasa Kuningan di Zaman Belanda. Sedangkan tiga situs lainnya yakni Taman Purbakala Cipari, Situs Lingga Sagarahiang Cipendeuy Kecamatan Darma, dan Situs Sangiang Ciarca.

Kunjungan itu dilakukan dengan Disparbud Jabar. Tampak juga rombongan dari Disdikbud Kuningan. Seperti diketahui Pj Iip salah satu bupati yang konsen dengan peninggalan sejarah.

"Apa yang kami lakukan bagian dari pada ngarawat, ngaruat, dan ngarumat peninggaln dari para karuhun Kuningan. Kita berharap dengan adanya kunjungan dari provinsi bakal ada tindaklanjuti," ujarnya.

Sebab kata Iip, dengan peduli kepada situs maka akan terjaga warisan dari karuhun. Dengan diperhatikan maka yang rusak bisa dibenahi dan juga dibangun, sehingga dengan begini maka situs bisa dilestarikan. 

“Mudah-mudahan dengan peninjauan ini, kita juga mendengar dari para juru pelihara, harapannya seperti apa”, terangnya.

Lebih lanjut, dari hasil tersebut nanti kita identifikasi permasalahannya, ketika menjadi kewenangan pusat, akan  dikomunikasikan ke pusat, ketika kewenangan Provinsi maka diakan komunikasikan ke pihak Provinsi., sehingga situs yang mengandung nilai historis maka harus dikembangkan, karena bisa saja  dikemudian hari akan menjadi tujuan wisata yang ada di Kabupaten Kuningan.

Selain itu juga ketika di Situs Van Beck Pj Bupati mengatakan akan meminta ke pusat dan ke provinsi agar ada history yang ditempel disini, yang katanya ini ada sejak tahun 1912.

" Ada dua makam orang Belanda di dalamnya, maka historis ini kita minta kepastiannya dari pusat. Selain itu juga kalau ada anggarannya dari pusat saya ingin agar tempat ini direvitalisasi," ujar Pj Bupati.

Pada Kesempatan yang sama Kepala UPTD Kebudayaan Provinsi Jawa Barat  Ari Heryanto mengatakan bahwa yang membuat Situs Van Beck ini sepertinya Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah 9 Kemendikbud, nanti akan  ia sampaikan kepada BPK.

"Seperti plang ini juga perlu ada perbaikan, termasuk juga nanti ada cerita-cerita sejarahnya, agar masyarakat dapat informasi sejarahnya," tandasnya.

Dalam peninjuan ini dilakukan juga penanaman pohon oleh Pj Bupati Kuningan di lokasi Situs Lingga Sagarahiang. Hal ini agar lokasi tetap lestari.

Sekadar informasi, Van Beck berkuasa di kota kuda.di Kuningan pada tahun 1860-1902. Ia merupakan perwakilan residen Cirebon di Wilayah Kuningan. Titik nol ini serentak dan ditetapkan pada saat Jendral Hindia Belanda Herman Wiliam Daendels. Daendels membangun mega proyek Anyer hingga Panarukan.

Bukan hanya membangun tugu KM nol tapi, juga pendopo, kantor pos, pegadaian dan juga alan-alun yang kini menjadi taman kota. Sedangkan jalan pertama yang dibangun adalah Cirebon-Ciawigebang dan berlanjut Cirebon-Kadugede dan hingga Ciamis.(rdk)


Posting Komentar untuk "Pj Bupati Tinjau 4 Situs, Salah Satunya Makam Penguasa Kuningan"