Loading...

Peringatan Maulid Sekaligus Pembersihan Balong Cai Kawedukan Batu Karut


KUNINGAN (OKE)-Pejabat Bupati Kuningan Ii Hidajat menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW 1446 H di Pedepokan Cimande Awirarangan Kecamatan Kuningan. Kegiatan digelar pada Jumat (13/9/2024).

Dengan mengambil tema Ngaraksa-Ngariksa Hulu di pusatkan di Wilayah Blok Batu Karut. Selain kegiatan Maulid juga digelar pembersihan Balong Cai Kasedukan Batu Karut. Tempat ini memiliki sejarah panjang.

Pada kesempatan tersebut Pj Bupati menyampaikan apresiasinya kepada warga batu karut Awirarangan yang telah secara mendiri telah melakukan pembersihan di wilayah ini yang merupakan peninggalan dari para “Karuhun”.

“Sesungguhnya kita semua ini ingin melestarikan peninggalan dari para leluhur kita, apa lagi ditempat ini ada nilai historisnya, memang di Kuningan itu banyak sekali peninggalan peninggalan sejarah dan saya berfikir bahwa kuningan itu sudah memilki peradaban sejak lama, oleh karena itu inilah yang akan kita kembangkan dan kita lestarikan”, ujar Pj Bupati.

Lebih lanjut Pj Bupati mengajak untuk menjaga dan melestarikan peninggalan para leluhur kita, kita hari ini ada dikarenakan ada yang lebih dahulu ada yaitu para leluhur kita, ketika kita menjaga alam maka alampun akan menjaga kita.

Sementara itu sesepuh warga batu karut Awirarangan menyapaikan sejarah dari batu karut ini jaman dahulunya merupakan situs. Menurut cerita para sesepuh dahulu bahwa air disini digunakan oleh orang-orang yang akan menyempurnakan keilmuannya baik kanuragan maupun kedigjayaan.

Selanjutnya dilakukan penaburan air dan bunga kedalam balong Cai Kawedukan oleh Pj Bupati dan para sesepuh warga blok Batu Karut Awirarangan. Warga setempat tumpah ruah mengendari acara yang aanya digelar satu tahun sekali itu.(rdk)

Posting Komentar untuk "Peringatan Maulid Sekaligus Pembersihan Balong Cai Kawedukan Batu Karut"