Loading...

Segera Direhab, Nenek Berusia 84 Tahun Tidak Akan Tinggal di Rumah Tidak Layak Huni lagi

KUNINGAN (OKE)-Tidak salah Kabupaten Kuningan disebut sebagai salah satu daerah termiskin di Jawa Barat. Buktinya adalah masih banyaknya rumah tidak layak huni.

Mirisnya lagi Rutilahu itu dihuni oleh para lansia yang tinggal sebatang kara. Masalah perbaikan rutilahu selalu menjadi prioritas Pemkab Kuningan, terbukti selalu ada program rehab melalui Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan.

Untuk tahun ini khusus di Desa Sukadana  Kecamatan Ciawigebang ada 7 rumah yang akan direhab. Adapun tujuh rumah itu adalah milik  Sarniti (84), Jayadi, Juju Juhari, Ruswad, Samsudin dan Tohari.

Salah satu rumah yang akan direhab ditinjau oleh Sekda Kuningan Dr Dian Rachmat Yanuar MSi, pada Senin (15/7/20204). Sekda datang bersama Kadis Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan H Muhamad Mutofid SH MT dan Kades Sukadana.

Rumah Nenek Sarniti berada di Kampung Patapan Dusun Pahing. Rumahnya berukura 6 X 6 Meter. Ia tingga sebatang kara karena ada semata wayang sudah menikah dan tinggal di Cirebon.

"Nek, sebentar lagi rumah akan direhab, kami dari Pemkab Kuningan akan memperbaiki tujuh Rutilahu yang ada di Desa Sukadana," ujar sekda yang menanyakan kondisi lansia dan kebutuhan sehar-harinya.

Diterangkan, program Rutilahu merupakan upaya membantu masyarakat kurang mampu agar bisa memiliki hunian  yang layak sekaligus sehat sesuai dengan ketentuan. Perbaikan dilaksanakan gotong royong dengan warga setempat.

Ditempat yang sama, Mutofid mengatakan, keberhasilan pelaksanaan kegiatan perbaikan Rutilahu ditentukan oleh senergitas antar selaluruh piha yang terlibat, maka pihaknya sudah melakukan verifikasi terhadap calon penerima yang telah diusulkan oleh pihak desa agar tepat sasaran.


"Hasil verifikasi di Sukadana ada 7. Untuk pembangunan dilakukan bulan ini. Sedangkan bantuan dari pemerintah Rp17,5 juta. Bagi yang ingin dibantu segera lapor kami," ujar mantan Kepala Dinas Perhubungan itu.

Sementara itu, Kades Sukadana Uha Suhanan menyebutkan, dari tujuh rumah yang akan direhab khusus untuk  Nenek Sarniti akan tambahan bantuan Rp10 juta dari Pemdes Sukadana.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Pemkab Kuningan atas bantuan program Rutilahu ini. Hal ini bisa membantu meringankan beban bagi masyarakat kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan rumah tinggal layak huni," sebutnya.

Pada saat meninjau ke Ciawi, hadir juta Camat Ciawigebang Solihin, Ketua Lembaga Koordinasi Kesejahtraan Sosial (LKKS) Kabupaten Kuningan Hj Ela Hayati yang juga istri sekda. Selain itu juga pihak terkait.(rdk)


Posting Komentar untuk "Segera Direhab, Nenek Berusia 84 Tahun Tidak Akan Tinggal di Rumah Tidak Layak Huni lagi"