Loading...

ICMI Kuningan dan Pasca Sarjana Uniku Bakal Gelar Ngopi, Angkat Tema Arah Kebijakan Pembangunan Kuningan



KUNINGAN (OKE)- ICMI Orda Kuningan pada Sabtu (13/7/2024)  pukul 09.00 WIB bakal menggelar acara FGD Ngopi (Ngbrol Penuh Inspirasi). Acara ini hasil kolaborasi dengan  Paca Sarjana Uniku ini digelar di Aula Pasca Sarjana Uniku.

Pada acara Ngopi ini akan mengangkat tema Arah Kebijakan Pembangunan Kuningan. Bakal hadir Keynote Speaker  Dr. Iip Hidajat M.Pd yang merupakan Pj Bupati Kuningan. Lalu, Welcome Speech Dr. Entin Jumantini M.Pd

Untuk Opening Speech ada   Ketua ICMI Orda Kuningan  Dr. Nanan Abdul Manan M.Pd, Opening Speech Dr. Dede Djuniardi M.M. Sedangkan untuk Penanggap ada   Dr Ayus A Yusuf M.Si (Pakar Ekonomi), Achmad Nur Hidayat Phd (Pakar Kebijakan Publik).

Kemudian, Dr.dr Asep Hermana Sp.B FinaCS (Pakar Kesehatan), Prof Dr. Suwari Akhmadiyan M.H (Pakar Hukum) dan terakhir  Prof. Didin Nurul Rosidin Phd (Pakar Sosial Budaya)

"ICMI memiliki komitmen jelas dalam implementasi programnya, yaitu meningkatkan literasi akademik dalam berbagai lapisan masyarakat," ujar Ketua ICMI Nanan, Jumat (12/7/2024).

Lebih lanjut, FGD ini menjadi ruang dialog terbuka bagaimana gagasan genuin warga dapat dipadukan dari berbagai perspektif keilmuan.

Dikatakan, ikhtiar akademik ini menjadi landasan pembangunan Kuningan yang lebih baik. Konsep yang dinarasikan dengan bahasa yang operasional dan dilaksanakan pada tataran aksi yang terukur akan mudah menjadikan program-program ICMI tercapai dengan baik. 

"Harapan besar bahwa konsep Pentaheliks tidak sekadar isapan jempol dan hanya ramai di setiap kerumunan sebagai lip service saat sambutan para pejabat, akan tetapi kita diejawantahkan secara bertahap melalui hal yang sederhana dan terukur," tambah pria yang juga Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan itu.

Sementara itu,  Ketua Divisi Ekonomi & Kewirausahaan Dr. Dede Djuniardi MM menambahkan, ide atau inspirasi biasanya muncul saat merenung ditemani kopi. Acara ngopi ini didasari adanya keinginan untuk berbuat untuk berkontribusi terhadap Kabupaten Kuningan tercinta.

"Konsep ABG (Academic, Business dan Government) belum dioptimalkan dalam kerangka pembangunan Kabupaten Kuningan. Diskusi Government dan academic dalam kegiatan ngopi ini diharapkan mengatasi gap yg terjadi," kata Dede.

Menurut Dede, ke depan diharapkan ada hubungan yang erat antara pemerintah daerah dengan dunia akademis. Kebijakan pemerintah yang berbasis kajian akademik diharapkan dapat memberi arah dalam kebijakan pembangunan kab Kuningan ke depannya. 

"Masukkan dari para pakar yang hadir dalam acara ngopi ini akan disusun dalam naskah akademik untuk menjadi bekal bagi bupati Kuningan yang baru nanti," ucapnya.

Posting Komentar untuk "ICMI Kuningan dan Pasca Sarjana Uniku Bakal Gelar Ngopi, Angkat Tema Arah Kebijakan Pembangunan Kuningan"