Loading...

Dua Rumah di Desa Rambatan Rusak Akibat Guncangan Gempa


KUNINGAN (OKE) Akibat guncangan gempa yang terjadi pada Jumat (26/7/2024) pukul 10:49:45 WIB. Dua rumah milik warga Desa Rambatan Kecamatan Ciniru mengalami kerusakan.

"Dari laporan sementara ada dua dua rumah yang rusak. Saat ini kami masih melakukan pemeriksaan ketiap dusun dan juga laporan dari warga," ujar Kades Rambaran Adis.

Terpisah, Kalak BPBD Kuningan Indra Bayu Permana membenarkan adanya gempa dengan kekuatan 3,9 magnitudo. Untuk titik lokasi masih berdekatan yang kemarin atau masih didekat Desa Sindangsari Kecamatan Sindangagung.    

Sebelumnya ,akibat guncangan gempa yang kedua yang terjadi pada Kamis menjelang magrib ada 10 bangunan yang rusak. Adapun rinciannya 9 bangunan rumah dan 1 masjid.

Untuk plafon rumah yang jatuh adalah milik ibu Diah di Kelurahan Ciporang Kecamatan Kuningan. Lalu, rumah retak-retak bagian dinding lantai dua rumah Ibu Tuti Kelurahan Purwawinangun Kecamatan Kuningan.

Selanjutnya, atap Masjid Nurul  Huda Desa Kertawirama Kecamatan Nusaherang. Kemudian, juga ada 6 rumah retak-retak di Desa Kertawirama. dan terakhir  dinding rumah samping retak-retak  milik Engkos di Desa Jagara Kecamatan Darma.



*LAPORAN KEJADIAN SEMENTARA*

Jenis kejadian.  : GEMPA BUMI

Waktu kejadian: Jum'at tgl 26 Juli2024 pukul 11.00.00 WIB 


*LOKASI*

1.Dusun. : Puhun RT 001/004 

Desa    :  Rambatan

Kec      :  Ciniru

Kab      :  kuningan

Nama   :  Maman/ayi

Jumlah jiwa. : 3


2. Dusun   : Puhun RT 003/004 

Desa.        : Rambatan

Kec.         : Ciniru

Kab.         : Kuningan

Nama   : Umirah

Jumlah jiwa  :3

   




*JUMLAH KORBAN*

Korban.     : Nihil 


*DAMPAK *

Rumah dinding pada merosot ancur sebagian


*KRONOLOGIS

Gempa Bumi kita jam 11.00 wib


*UPAYA PENANGANAN*

Untuk Penanganan sementara oleh Warga


*SUMBER INFORMASI*

Pemdes Rambatan



*GEMPABUMI TEKTONIK M3,9 DIRASAKAN DI KAB-KUNINGAN-JABAR.*


*Kejadian dan Parameter Gempabumi:*

Hari Jumat, 26 Juli 2024 pukul 10:49:45 WIB, wilayah Kabupaten Kuningan Jawa Barat dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=3,9. Episenter terletak pada koordinat 6.92 LS dan 108.46 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 6 km BaratLaut  Kabupaten Kuningan Jawa Barat pada kedalaman 8 km.

 

*Jenis dan Mekanisme Gempabumi:*

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas aktivitas sesar aktif. .


*Dampak Gempabumi:*

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan  di wilayah Kuningan dengan Skala Intensitas II - III MMI *(Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang - Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu)*, Di Banjar, Ciamis dengan Skala Intensitas I - II MMI *(Getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luarbiasa oleh beberapa orang - Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang)*. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut. 

*Gempabumi Susulan:*

Hingga pukul 11:08 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. 


*Rekomendasi:*

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.


Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @bmkgwilayah2 atau @infoBMKG), website (http://bbmkg2.bmkg.go.id/ atau http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id).), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.


Tangerang Selatan, 26 Juli 2024

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang



HARTANTO, ST, MM


Posting Komentar untuk "Dua Rumah di Desa Rambatan Rusak Akibat Guncangan Gempa "