Loading...

Akibat Dampak Gempa Susulan di Kuningan, Tiga Rumah dan Satu Masjid Rusak

 

KUNINGAN (OKE)- Hasil Pendataan yang dilakukan  BPBD Kuningan akibat terjadi gempa susulan yang kedua adalah tiga rumah alami kerusakan ringan.  Selain itu juga ada satu masjid.

Seperti diketahui wilayah Kuningan kembali diguncang gempa bumi. Pada guncangan yang terjadi pada Kamis (25/7/2024) terjadi pada pukul 17:36:41 WIB. Gempa yang kedua kali ini guncangannya terasa lebih hebat dari yang pertama.

Sementara itu, hasil analisa BMKG menunjukan gempa bumi berkekuatan M=4,1. Sedangkan yang pertama 3,6 magnitudo  sehingga sangat wajar apabila warga merasakan guncangannya lebih besar.  

"Untuk episenter terletak pada koordinat 6,98 Ls dan 108.5 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 1 Km tenggara Kabupaten Kuningan Jabar," ujar Kalak BPBD Kuningan Indra Bayu Permana, Kamis malam.

Mengenai dampak gempa bumi kata pria yang dipanggil IB itu pihaknya belum mendapatkan laporan ada warga yang terluka. Begitu juga dengan korban jiwa.

Sementara untuk sarana prasarana ada 1 tempat ibadah berupa 1 unit masjid mengalami rusak ringan. Sedangkan untuk rumah total ada 3 unit yang mengalami rusak. 

"Saat ini kami berkoordinasi dengan instansi terkait guna melakukan assessment, Untuk inventarisasi masih dilaksanakan," ujarnya. 

Untuk plafon rumah yang jatuh adalah milik ibu Diah di Kelurahan Ci[orang Kecamatan Kuningan. Lalu, rumah retak-retak bagian dinding lantai dua rumah Ibu Tuti Kelurahan Purwawinangun Kecamatan Kuningan.

Selanjutnya, atap Masjid Nurul  Huda Desa Kertawirama Kecamatan Nusaherang. Lalu, satu lagi dinding rumah samping retak-retak  milik Engkos di Desa Jagara Kecamatan Darma.

Untuk kondisi mutahir  lanjut Indra yakni situasi lingkungan masih kondusif, masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (rdk)

Posting Komentar untuk "Akibat Dampak Gempa Susulan di Kuningan, Tiga Rumah dan Satu Masjid Rusak "