Loading...

Seru, Final Futsal Piala Bupati, Gilas SMK Pertiwi, SMAN 1 Kuningan Juara, Strategi Jitu Coach Teghar Kembali Hadirkan Tropi

 

KUNINGAN (OKE)-Turnamen futsal antara SMA/SMK/MA dan sederajat yang digelar Afkab Kuningan kelar dihelat pada Jumat (28/6/2024). Pada partai puncak mempertemukan SMK Pertiwi melawan SMAN 1 Kuningan.

Pada babak semi final SMK Pertiwi menjungkalkan SMAN Babakan. Sedangkan lawannya menggagalkan impian SMAN 1 Garawangi tampil  di  grand final.

Grand Final yang merupakan partai ideal ini digelar pada Jumat sore. Total ada 22 tim yang dibagi ke dalam 7 grup dengan sistem setengah kompetisi. Turnamen dihelat dari Sabtu 15 - Jumat  28 Juni 2024)di Gor Ewangga Kuningan.

Pertandingan final sesuai prediksi yakni berjalan menarik dengan tempo yang sangat tinggi, Jual beli serangan dilancarkan kedua tim  yang turun dengan komposisi pemain terbaiknya, sehingga laga final enak ditonton dengan atmosfir yang sangat luar biasa karena hadirnya penonton yang sangat banyak.

Pada pertandingan final tim SMK Pertiwi yang dibesut Coach Bejo unggul lebih dulu 1-0. Gol tercipta melalui skema serangan rapih dan terjadi pada menit-menit awal. Hal ini sempat membuat tim Smansa kaget.   

Tak ingin dipermalukan oleh lawannya, Najib Cs langsung tersengat dan tak berselang lama anak-anak Smansa membalas gol tersebut lewat kaki kidal Reza Rizky. Pemain asal Cikaso dan Pesik U-17 menunjukan kebintangannya.

Laga semakin seru karena skor semakin kuat dan lagi-lagi Pertiwi tampil kesetanan. Mereka kembali unggul dengan skema yang cantik dan skor pun menjadi 2-1. Tiga gol terjadi dalam waktu berdekatan membuat para suporter dari kedua tim bergemuruh memompa semangat para pemain.

Benar saja nyanyian dari para pendukung Smansa jitu karena tim kebanggaannya langsung menyamakan kedudukan sehingga 2-2 lewat Reval. Sebenarnya  banyak peluang yang harusnya menjadi gol terutama dari Smansa namun selalu digagalkan oleh tiang gawang.

Gol penyama kedudukan tidak terlepas dari kecerdikan Coach Teghar yang meminta time out. Selain untuk mengambil napas, time juga untuk memberikan taktik kepada pemain dan juga tentu meredam pemain lawan yang tengah gacor. 

Reval  merupakan pemain yang perah memperkuat  Persib Bandung U-16. Pada sore itu ia  bermain sangat dominan dan agresif. Hal ini lakukan sebagai kenang-kenangan tahun ini sudah lulus dari SMAN 1 Kuningan,

Boleh dikatakan pertandingan terakhir sebagai siswa SMA negeri 1 Kuningan, sehingga tampil habis-habisan. Bagi perpisahan dengan menghadirkan tropi adalah perpisahan indah.

Gol yang dicetak Reval menjadi penutup pada babak pertama. Dengan skor 2-2, membuat kedua tim ketika memasuki babak kedua mempunyai peluang yang sama untuk juara. 

Dilanjutkan pada babak kedua Coach Teghar merubah strategi kembali dan strategi itu berhasil dengan terbukti bisa  mengungguli pada menit-menit awal babak kedua berkat gol yang di cetak oleh Baras Hensa.

Baras merupakan pemain Pesik U-17 bersama Najib, Reza dan pemain lainnya. Gol itu ternyata menjadi pembuka kran bagi gol lainnya. 

Hal itu terbukti ketika si ganteng Najib Hidayah mencetak gol lewat tendangan keras kaki kanannya,

Secara otomatis dua gol tambahan membuat skor menjadi 4-2 dan kini Smansa mengembalikan keadaan. 

Dengan skor unggul dua gol membuat Reza Dkk menurunkan tempo dan hal ini dimanfaatkan oleh Pertiwi sehingga bisa mencetak gol 3 dan skor pun menjadi 4-3.

Tertinggal dengan margin satu gol dan waktu masih tersisa membuat anak buah Coach Bejo kembali meningkatkan serangan. Namun, sayang selalu gagal justru tim Smansa ingin juara kembali bersemangat.

Satu gol tambahan menjadi killing the game pada laga tersebut yang dicetak oleh Reza Rizky usai menerima assist dari Reval yang menempati posisi pivot. 

Si Kidal asal Cikaso pada sore itu tampil cemerlang dan menunjukan bahwa Smansa menjadi raja baru futsal setelah era keemasannya SMAN 3 Kuningan (Zidan,El Zaki, Fadil Kumis) berakhir.

Meski Pertiwi menyerang dan melakukan perubahan taktik namun hingga  peluit akhir dibunyikan tidak ada goal tambahan bagi kedua tim sehingga   grand final  dimenangkan oleh team futsal SMA N 1 Kuningan.

Baik suporter, pemain dan official pun langsung merayakan kemenangan ini, setalah pada Liga Foundation Smansa gagal. 

Bagi Smansa keberhasilan, juara Piala Bupati membuatnya bisa mengikuti kompetesi resmi futsal tingkat Provinsi atau kejurda mewakili Kuningan karena turnamen ini digelar oleh Afkab.    

"Alhamdulillah hari ini rezeki anak-anak setelah melewati perjalanan dan pertandingan-pertandingan yang sangat berat. Namun berkat proses,semangat, doa,usaha dan dukungan dari orang tua pemain tampil dengan semangat yang tinggi  sehingga berhasil menjadi juara 1 di ajang piala bupati cup 2024 ini," ujar Coach Tegar.

Dikatakan, perjalanan belum berakhir karena team futsal SMA Negeri 1 Kuningan akan mewakili di ajang provinsi Elite Pratama U-17 yang akan diselenggarakan di Tasikmalaya bulan mendatang.

"Pertandingan di event ini akan menjadi bahan evaluasi saya sebagai pelatih karena anak-anak harus dipersiapkan kembali di provinsi. Dengan lawan lebih hebat. Mudah-mudahan anak anak tetap konsisten dan bisa memaksimalkan kesempatan ini sebagai wakil dari Afkab Kuningan," tandasnya.

Pria bernama lengkap Teghar Pancaraga itu menjelaskan permainan Smansa menunjukan kelasnya sebagai tim yang di bangun dari proses kerja keras, latihan dan keseriusan sekolah mendukung para pemain. Selain itu juga  bantuan dukungan dari orang tua.

Lebih lanjut, Smansa pun telah membuktikan beberapa kali sukses di turnamen bahkan juara di luar kota Kabupaten Kuningan seperti Bogor, Bandung, Tasikmalaya dan juga di Cirebon. 

Bahkan tim Smansa juga ikut Piala Byu yang bekerja sama dengan salah satu tim liga pro Pendekar FC dengan kepemilikan Atta Halilintar, Namun tim futsal Smansa hanya bisa menembus hingga babak 8 besar.

Tak hanya itu pemain SMA Negeri 1 Kuningan ikut andil dalam Liga Nusantara Serie A di Tasikmalaya kemarin dengan klub BSAF bandung. 

Terakhir sebelum event Piala Bupati tim futsal Smansa melakukan uji coba di bandung dengan melawan tim juara liga Nusantara serie A DKRC Fusion Bandung U-17.

Smansa juga masih kata Teghar  juga sukses di sepakbola setelah 5 pemainnya memperkuat tim Popwilda Kuningan yang keluar sebagai juara, tak hanya itu besok tanggal  5-10 juli juga memperkuat tim Lakemba Muda U-18 di ajang Liga Sentra Indonesia.

Liga ni  di gelar di Jakarta bagian dari liga PSSI. Mereka adalah Najib, Reza, Baras, Reval Galih dan Fadil. Semoga sukses keran akan ada seleksi juga untuk timnas pelajar dan pemain terbaik berkesempatan di sekolahkan gratis di Australia.

"Sekali lagi terima kasih kepada semua yang tidak bisa disebutkan satu persatu, karena sukses dan juara itu harus didukung oleh banyak pihak," pungkasnya.


Susunan pemain Team Futsal SMA N 1 KUNINGAN : 

1. Gazza Faris

2. Fathin Fakhrudin

3. Najib Hidayah 

4. Baras Hensa

5. Reza Rizky

6. Devindra Agustiar 

7. Reval M Arip

8. M. Fahry

9. Arlino Pradana

10. Abidzar

11. Fathan Sayuti

12. Samudera Nurfajri



Daftar Lengkap Juara Futsal Piala Bupati 2024 Se-Wilayah 3 Cirebon

1. SMAN 1 Kuningan

2. SMK Pertiwi Kuningan

3. SMAN 1 Garawangi


Tingkat SMP/MTS Se-Wilayah 3 Cirebon

1. MTS Pui Cikijing

2. SMPN 1 Ciawigebang

3. SMPN 1 Kuningan



Posting Komentar untuk "Seru, Final Futsal Piala Bupati, Gilas SMK Pertiwi, SMAN 1 Kuningan Juara, Strategi Jitu Coach Teghar Kembali Hadirkan Tropi"