Loading...

Sabtu dan Minggu, Jangan Lupa Puasa Tarwiyah dan Arafah, Ini Bacaan Niatnya


                             

KUNINGAN (OKE)- Sahabat Kuningan oke.com, jangan lupa untuk melaksanakan puasa Tarwiyah dan puasa Arafah. Kedua puasa hukumnya sunnah bagi ummat Islam yang tidak melaksanakan ibadah haji.

Untuk puasa Tarwiyah dilaksanakan pada tanggal 8 Dzulhijjah atau Sabtu tanggal 15 Juni. Lalu, untuk puasa Arafah tanggal 9 Dzulhijjah atau tanggal 16 Juni. Kedua puasa ini memilikii keutamaan yang sangat besar yang melaksanakan.

Dikutip dari NU Online.com, menurut pengajar i Ponpes Al-Hikmah Darussalam Durjan Kokop Bangkalan Jatim Ustad Sunnatullah mengatakan, keutamaan dua puasa  yaitu Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa hamba-Nya.

Hal ini sebagaiman disebutkan dalam hadits Rasullah SAW yang artinya, "Puasa hari Tarwiyah bisa menghapus doa setahun. Sedangkan puasa Arafah bisa menghapus dosa dua tahun." (HR Ibnu Abbas dan Ibnun Najjar dalam jam,ul Jawami").

"Dua puasa ini sangat dianjurkan dalam Islam karena Rasullah selalu melakukan dan memiliki faedah sangat besar," tulis Ustad Sunnatullah, Jumat (14/6/2024).

Niat Puasa Tarwiah  

Nawaitu shauma tarwiyata sunnatan lillahi ta,ala artinya saya niat puasa sunnah tarwiyah karena Allah ta;ala.

Niat Puasa Arafah

Nawaitu shauma  arafa  sunnatan lillahi ta,ala artinya saya niat puasa sunnah tarwiyah karena Allah ta;ala.

Bagi orang yang lupa niat pada malam hari, boleh niat siang harinya yakni dari pagi sampai sebelum tergelincirnya matahari (waktu zuhur), selagi ia belum melakukan ha-hal yang dapat membatalkan puasa. Berikut ada lafalan niat puasa Tarwiyah dan Arafah ketika siang hari

Niat puasa Tarwiyah siang hari 

Nawaitu shauma hadzal yaumi an ada'i tarwiyata sunnatan lillahi ta ala artinya saya niat puasa sunanah Tarwiyah karena Allah ta'ala

Niat puasa Arafah siang hari 

Nawaitu shauma hadzal yaumi an ada'i  arafata  sunnatan lillahi ta ala artinya saya niat puasa sunanah Arafah  karena Allah ta'ala. (rdk)



Posting Komentar untuk "Sabtu dan Minggu, Jangan Lupa Puasa Tarwiyah dan Arafah, Ini Bacaan Niatnya "