Loading...

Paguyuban Pimpinan Seni dan Budaya Kabupaten Kuningan Terbentuk, Ketuanya Eman Roheman

 

KUNINGAN (OKE)-Keinginan pimpinan seni dan budaya di Kabupaten Kuningan memiliki sebuah wadah akhirnya terwujud dengan terbentuknya sebuah paguyuban. Setelah terbentuk wadah dilanjutkan dengan pelantikan pengurus.

Pelantikan ketua dan pengurus paguyuban dilakukan pada Sabtu (17/2/2024) di Auditorium Kompleks Gedung Naskah Linggarjati Kecamatan Cilimus. Pada saat itu secara aklamasi Eman Roheman terpilih sebagai Ketua Paguyuban Pimpinan Seni dan Budaya Kabupaten Kuningan Perideo 2024-2027.

Proses pelantikan sendiri dilakukan oleh Pj Bupati Kuningan Iip Hidajat. Tampak hadir Kadisdikbud Kuningan U Kusmana MSi, Kabid Kebudayaan Rio Anto Permana dan tamu undangan.

Ketua Terpilih Eman Roheman menyebutkan paguyuban pegiat budaya dan pimpinan seni ini sudah aktif semenjak tahun 2019 sebelum masa Covid. Namun belum ada upaya untuk membentuk Kepengurusan dibawah payung hukum.

“Maka kami berterimakasih kepada Bapak Pj Bupati Kuningan dan Disdikbud Kuningan yang mendorong kami untuk membentuk kepengurusan dan memiliki payung hukum," ujarnya. 

Ia meminta doa, untuk menjadi paguyuban yang dapat menguatkan peran serta seni dan budaya di Kabupaten Kuningan sehingga memiliki nilai ekonomis dan dikenal masyarakat luas

Sementara itu, Pj Bupati Iip Hidajat  mengapresiasi Disdikbud yang senantiasa mendorong pembentukan pengurus paguyuban seni. Sejarah mencatat bahwa pelantikan kepengurusan ini sebagai tonggak awal semakin baiknya tataran pegiat seni dan kebudayaan di Kabupaten Kuningan. 

"Kita bersyukur di Kuningan memiliki banyak sekali kebudayaan dan situs-situs cagar alam, dimana tugas kita bersama adalah merawat dan menjaga budaya yang teramat mahal ini” Kata Iip.

Iip menyebutkan bahwa di Kuningan terdapat beberapa situs yang di duga telah ada sebelum masehi. Hal ini menunjukkan bahwa Kuningan memiliki peradaban luar biasa.

“Untuk itu saya mendorong agar paguyuban seni dan juga disdikbud Kuningan untuk menginventarisir setiap warisan budaya atau cagar alam, agar Pemerintah dapat semakin fokus meningkatkan pariwisata kebudayaan.

“Karena jika kedatangan wisatawan semakin bertumbuh, pegiat seni dan budaya juga akan menjadi pemain sehingga perekonomian akan semakin bergerak maju” kata Iip.

Usai melantik dan memberi arahan pada kepengurusan pegiat budaya dan seni, Pj Bupati melakukan temu audiensi dengan beberapa pamong budaya di berbagai Kecamatan. Harapannya adalah mendengar saran dan masukan dalam upaya menjaga warisan kebudayaan di Kabupaten Kuningan. (rdk)

Posting Komentar untuk "Paguyuban Pimpinan Seni dan Budaya Kabupaten Kuningan Terbentuk, Ketuanya Eman Roheman"