Loading...

Komnas HAM Pantau Pemilu di Kecamatan Cigugur



KUNINGAN (OKE)- Pelaksanaan Pemilu tahun 2024 di Kecamatan Cigugur mendapat kunjungan khusus dari Komnas HAM RI. Pihak Komnas HAM datang untuk memantau langsung Hari Pemungutan Suara 14 Februari 2024.

 Analis Kebijakan Madya Komnas HAM RI Mimin Dwi Hartono,, didampingi Camat Cigugur, Yono Rahmansyah meninjau tiga TPS yang ada di wilayah yang dikenal heterogen di Kuningan.

Tampak pola dalam rombongan Kapolsek Cigugur AKP Abdul Madjid, Danramil Djulianto, Lurah Cigugur Yono, Ketua PPK Cigugur, Nunung Nurhasanah, dan Ketua Panwascam Dadang Setiawan. Adapun 3 TPS yang ditinjau adalah  TPS 14, 20 dan TPS 21.

Komnas HAM sendiri ingin memastikan jika pada Pemilu 2024 tersebut, semua masyarakat yang mempunyai hak pilih dari berbagai lapisan, seperti kelompok rentan, masyarakat adat, dan berkebutuhan khusus bisa terlayani secara maksimal. 


"Kami ingin memastikan jika dalam Pemilu Serentak, 14 Februari ini, semua masyarakat yang mempunyai hak pilih bisa terlayani secara maksimal, dan alhamdulillah, setelah meninjau langsung ke TPS, khusus masyarakat adat di Cigugur bisa menggunakan hak pilihnya, dan bagi yang sakit, berkebutuhan khusus pun bisa dilayani, " sebut Mimin. 

Mimin Dwi Hartono, yang mendapat tugas bekerja itu pun menggunakan hak suaranya di TPS 14 Kelurahan Cigugur dengan menggunakan hak pilihnya sebagai DPTb (Daftar Pemilih Tambahan), dan mencoblos di TPS pada pukul 11.00 WIB.

Ditempat yang sama,  Camat Cigugur, Yono Rahmansyah menjelaskan,  pihaknya bersama Forkopimcam dan penyelenggara terus memantau, dari mulai pergeseran logistik, kesiapan sarana TPS yang ramah termasuk kepada masyarakat berkebutuhan khusus, masyarakat adat, dan pemilih DPTb yang ada di RS Sekar Kamulyan dan Hasna Medika.

Sementara itu, Ketua PPK Cigugur Nunung Nurhasanah, menjelaskan, di Kecmatan  Cigugur sendiri ada 148 TPS dengan jumlah pemilih sebanyak 37106. dan terbanyak ada di kelurahan Cigugur sebanyak 30 TPS dengan pemilih yang beragam.(rdk)

 

Posting Komentar untuk "Komnas HAM Pantau Pemilu di Kecamatan Cigugur"