Loading...

Curah Hujan Tinggi, Kodim Kuningan Bersihkan Sungai Surakatiga

 

KUNINGAN (OKE)- Curah hujan semakin tinggi disikapi serius oleh pihak Kodim 0615/Kuningan dengan cara melakukan pembersihan sungai Surakatiga di Desa Ancaran Kecamatan Kuningan, pada Senin (15/1/2024).

Kodim bersama dengan warga setempat  dibantu dengan BPBDD, FKPPI, Hipakad, Persatuan  Purnawirawan TNI AD, Dinas LH, Dinas  PUTR Anggota Pramuka , Linmas perangkat kecamatan melakukan pembersihan sampah yang cukup banyak. Hal ini juga  untuk antisipasi banjir menyusul dengan curah hujan yang semakin tinggi. 

Menurut Dandim Kuningan Inf Bambang Kurniawan  pembersihan ini juga bagian dari instruksi dari pimpinan pusat dan merupakan kegiatan Binter Terpusat Karya Bakti Pembersihan Sampah.

"Ada 3 kegiatan yang digelar atas perintah KASAD yakni pembersihan dan penghijauan hutan, kedua pembersihan pasar tradisional dan yang terakhir pembersihan aliran sungai," ujar dandim.

Diterangkan, di kota kuda yang rawan banjir adalah wilayah timur tepatnya di Kecamatan Cibingbin. Namun, pihak Kodim sudah berkoordinasi dengan BBWS untuk mengeruk sedimentasi yang ada di  aliran sungai tersebut.

"Banjir yang terdahulu akibat sidementasi di sungai Cijangkelok, atau juga sungai Cikondang, Cariang, sehingga air meluap ke permukiman warga," sebutnya.

Dengan curah yang semakin tinggi pihaknya mengimbau agar warga yang berada di daerah rawan longsor agar tetap waspada dan hati-hati. Dengan waspada maka ketika terjadi bencana sudah siap melakukan evakuasi.

"Ingat, segera lakukan koordinasi dengan aparat setempat bilamana terjadi hal-hal yang tidak diharapkan," ucapnya lagi.

Ditempat yang sama Kades Ancaran Mugni, sangat mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh Kodim Kuningan. Sebab, aliran sungai semakin dangkal meski setiap tahun selalu dibersihkan.

"Kami berharap kemanunggalan antara TNI dengan rakyat tetap terjaga. Kegiatan ini juga melibatkan semua unsur dan membuktikan semua peduli lingkungan," ujar kades.

Sementara Ketua Hipakad Eka Mulya mengaku, sebagai keluarga besar Angkatan Darat sudah seharusnya ikut mendukung karena memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.(rdk)


Posting Komentar untuk "Curah Hujan Tinggi, Kodim Kuningan Bersihkan Sungai Surakatiga "