Loading...

Air dan Tanah Meluap ke Jalan, Dikira Bukit di Jalur Lingkar Timur Kuningan Longsor

KUNINGAN (OKE)- Hujan deras yang terjadi pada Sabtu (6/1/2023)   pukul 14.00 WIB dan mengguyur nyaris semua wilayah di Kabupaten di Kuningan sempat membuat warga was-was. Pasalnya, hujan deras itu disertai sambaran petir yang cukup keras.

Warga takut terjadi bencana longsor di kota kuda. Benar saja di medsos ramai foto berseliweran terkait air dan material tanah meluap ke bahu dan badan jalan di Jalan Lingkar Timur Kuningan. Tepatnya di bukit kembar di Desa Garatengah Kecamatan Japara.

Sempat diisukan bukit longsor ternyata belakangan yang terjadi ada luapan air dan tanah. Hal ini karena ada pengerjaan membersihkan material tanah dan bebatuan di jalur irigasi yang dilakukan oleh PUPR Kuningan.

Disaat pengerjaan itu tiba-tiba hujan deras sehingga air dan tanah meluap. Meski begitu kendaraan bisa melintas. Kabar ini langsung direspon oleh pihak BPBD Kuningan dan juga Satlantas Polres Kuningan. 

 "Pada saat terjadi hujan deras, air sempat naik ke bahu jalan, karena ada saluran drainase yang masih tertutup tanah (dalam proses pengerjaan dan penataan), sehingga air naik ke bahu dan badan jalan," ujar Kalak BPBD Kuningan Indra Bayu Permana, Sabtu sore.

Dikatakan,setelah dilakukan pengecekan serta koordinasi teryata tidak ada tebing yang longsor. Kondisi terbaru adalah lalin lancar, hujan sudah reda.

"Jalan sudah bisa dilewati karena sudah dibersihkan, sehingga pengendara bisa melintas," sebut Indra lagi.

Sementara, itu pihak Satlantas Polres Kuningan sendiri pasca ada kabar bukit longsor langsung ke TKP. Melalui unggahan video mereka menegaskan insiden yang terjadi   bukan longsor tapi luapan tanah dari jalur irigasi.

"Pihak PUPR  tengah ada pengerjaan membersihkan material tanah dan bebatuan di jalur irigasi. Namun tiba-tiba hujan turun deras sehingga air meluap deras dengan tanah ke badan jalan, namun jalan masih bisa dilintasi oleh kedua arah," sebut pesan yang disampaikan bagian Lantas.

Pada akhir video pihak Lantas Polres Kuningan mengimbau kepada pengendara  untuk lebih hati-hati ketika melintas. Dan jangan berhenti di bahu jalan sekitar tebing," sebutnya.(rdk)


Posting Komentar untuk "Air dan Tanah Meluap ke Jalan, Dikira Bukit di Jalur Lingkar Timur Kuningan Longsor"