Loading...

Jadi Narasumber di Program Pimda Nyawah, Pj Bupati Berpesan ke Siswa Jangan Sekali-kali Menshare Konten Hoax

 

KUNINGAN (OKE)-Pj Bupati Kuningan Dr Drs HR Iip Hidajat MPd berpesan kepada para siswa agar jangan sekali-kali untuk membagikan atau menshare berita-berita atau konten hoax, karena hal itu sama saja dengan menyebar berita bohong.

"Ingat berhati-hati dan juga bijak dalam menggunakan medsos karena bisa berbahaya ketika kita bagikan tanpa melakukan kroscek," ujar Pj Bupati Kuningan pada acara Pimpinana Daerah Menyapa Siswa di Sekolah Pimda Nyawah  yang digelar Disdikbud Kuningan di SMPN 7 Kuningan, Rabu (13/12/2023).

Dikatakan,  mengenai agar kasus bullying atau perundungan tidak terjadi lagi Kabupaten Kuningan, caranya sangat mudah yakni siswa segera melaporkan kepada guru dan jangan takut.

“Jaga dan pegang teguh selalu 4 pilar kebangsaan, Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI agar persatuan Indonesia tetap terjaga, karena Indonesia merupakan negara kepulaan terbesar di Dunia, maka untuk menjaga itu kita harus selalu memegang teguh 4 pilar kebangsaan ini," sebutnya.

Lebih lanjut Pj. Bupati menyampaikan  hari ini tantangan  semua di era globalisasi yaitu teknologi informasi, sisi lain ada hal yang harus di waspadai karena tidak semuanya baik banyak sekali informasi-informasi hoax didalamnya, harus kita filter dan kita harus menjada dan menfilter semua yang ada di medsos, mari kita lebih bijak lagi dalam menggunakan medsos.

“Pada jaman dulu untuk beraktifitas waktu 24 jam dibagi menjadi tiga, 8 jam untuk istirahat, 8 jam untuk bekerja atau bersekolah, 8 jam untuk beraktifitas sosial, tetapi sekarang berdasarkan penelitian orang menghabiskan waktu untuk menggunakan internet selama 8 jam," tambahnya.

Usai memberikan pesan, pada acara tersebut dilanjutkan dengan acara sesi tanya jawab dengan seluruh peserta yang hadir. Program Pimda Nyawah in merupakan salah satu terobosan yang dilakukan Kadisdikbud baru yakni U Kusmana MSi pasca pindah dari Diskopdagperin.

Pada acara Pimda Nyawah tema yang diambil adalah Pendidkan Ramah Anak yang bermartabat dan Berkarakter  Berdasarkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Acara pun dilakukkan secara hybryd, juga dilakukan dengan luring dan untuk sekolah lainnya baik SD maupun SMPN mengikuti secara daring.

Sementara itu, Kepala SMPN 7 Kuningan H Supriyadi MPd mengatakan, dengan digelarnya acara di tempatnya merupakan sebuah kebanggaan karena ditunjuk sebagai tuan rumah dan juga acara dihadiri oleh Pj Bupati Kuningan. 

Ditempat yang sama Kadisdikbud Kuningan U Kusmana, tujuan dari acara ini adalah mepersiapkan implementasi kurikulum Merdeka Belajar yang dikemas dengan kegiatan Pimda Nyawah.

"Kami berharap dengan adanya progra Pimda Nyawah menjadi jembatan agar pimpinan daerah dapat memberikan arahan kepada para guru, siswa dan sekolah selain tentu silatruhami," tandasnya.

Sebelum dimulainya kegiatan ini Pj Bupati disambut dengan pementasan tari-tarian yang ditampilkan oleh para Siswa SMPN 7 Kuningan. Acara berlangsung menarik dan para peserta pun banyak mendapatkan ilmu baru.(rdk)


Posting Komentar untuk "Jadi Narasumber di Program Pimda Nyawah, Pj Bupati Berpesan ke Siswa Jangan Sekali-kali Menshare Konten Hoax"