Loading...

Pohon Beringin Setinggi 20 Meter Tumbang, Lokasinya di Depan Balai Desa Cibulan


KUNINGAN (OKE)- Insiden pohon tumbang yang terjadi di Kecamatan Cidahu ternyata bukan hanya di Desa Legok. Namun juga di Desa Cibulan tepatnya di depan balai desa. Kejadian pohon tumbang terjadi pada pukul 16.00 WIB ketika hujan deras yang disertai angin kencang.

Lokasi pohon tumbang terjadi di Dusun wage RT 002/ 002 itu untungnya tidak menimpa ke Masjid Nurul Hikmah , tapi hanya di depannya. Pohon tersebut jenis beringin dengan diameter 2 meter dan tinggi 20 meter.

"Pada saat kejadian tidak ada warga sehingga aman. Proses pemangkasan dan pembersihan dilakukan dengan melibatkan  aparat Desa, BPBD Kuningan, TNI, Polri , dan masyarakat," ujar Kalak BPBD Kuningan Indra Bayu Permana, Kamis (9/11/2023) malam.

Proses pun kelar karena melibatkan banyak pihak. Cuaca pada saat pembersihan berawan sehingga para petugas merasa tenang.

Seperti diberitakan sebelumnya hujan lebat disertai angin kencang yang menerjang wilayah Kecamatan Cidahu pada Kamis (9/11/2023) pukul 16.00 WIB  membuat beberapa pohon tumbang menutupi jalan. Adapun jenis pohon yang tumbang adalah abasia dan johar.

Akibat dari insiden yang terjadi di Desa Legok Kecamatan Cidahu membuat akses lalu lintas lumpuh karena tidak bisa dilewati oleh motor atau pun mobil.  Adapun lokasi tepat pohon tumbang adalah  Jalan Raya Legok – Ciledug Desa Legok  Kecamatan  Cidahu

Menurut Kalak BPBD Kuningan Indra Bayu Permana, terjangan angin kencang itu membuat 8  pohon tumbang menimpa jalan penghubung Kuningan – Ciledug mengakibatkan akses jalan tidak bisa dilalui KR2 dan KR4 selama 30 menit. Lalu, kabel Telkom pun ikut tertimpa.

Adapun 8 pohon itu adalah  6 pohon jenis abasia dengan ukuran tinggi 14 meter dan diameter 40 cm. Sedangkan 2 pohon lainnya jenis  Johar dengan ukuran tinggi 6 meter  dan diameter 30 cm. 

"Aparat kecamatan berkoordinasi dengan Polri, TNI, Damkar, BPBD.  Sedangkan pembersihan dan pemangkasan sudah dilakukan," ujar Indra yang menyebutkan informasi diperoleh dari MP Kecamatan Cidahu.

Akses jalan lanjut dia bisa dilalui pada pukul 17.30 WIB sehingga kendaraan pun kembali normal.  Dalam kejadian tersebut tidak ada korban.

Sekadar informasi, kejadian seperti ini sempat terjadi pada Sabtu sore. Bukan hanya pohon tumbang tapi ada tempat usaha dan bangunan milik karang taruna yang ambruk disapu puting beliung.(rdk)


Posting Komentar untuk "Pohon Beringin Setinggi 20 Meter Tumbang, Lokasinya di Depan Balai Desa Cibulan"