Loading...

Kolaborasi Diskatan dan Petani Milenial Hadirkan Pasar Tani

 

KUNINGAN (OKE)- Pada acara Car Free Day (CFD) Minggu (13/11/2023) ada yang berbeda dengan sebelumnya yakni hadirnya Pasar Tani. Ternyata kegiatan Pasar Tani merupakan hasil kerjasama antara Petani Milenial dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kuningan.

Petani Milenial  merupakan kumpulan anak muda Kuningan yang konsen terhadap pertanian dan melalui Pasar Tani mereka menghadirkan berbagai hasil tani yang dibudidayakan secara hidroponik dan juga konvensional serta olahannya, yang dijual dengan harga kompetitif kepada masyarakat luas.

Petani Milenial   Kabupaten Kuningan dipimpin oleh Yayang Rista Pratiwi SP. Sampai saat ini telah beranggotakan lebih dari 100 orang. kegiatan pasar tani yang sempat tertunda, kini mulai digelorakan kembali guna memenuhi permintaan dari masyarakat.

Pada saat kegiatan Pasar Tani turut dihadiri oleh Kepala DKPP/Diskatakan Kuningan Dr Wahyu Hidayah MSi yang didampingi oleh Ketua DWP Diskatan Rika Wahyu. Bahkan istri Bupati Kuningan yang juga Ketua TP PKK Kuningan Hj Ika Rahmatika pun hadir.

"Saya sangat menyambut baik dan apresiasi untuk petani milenial yang sudah menjalankan tugasnya. Respon dari masyarakat sangat bagus meski baru kali pertama. Padahal publikasi kegiatan baru melalui medsos," ujar Wahyu.


Mantan Kadiskominfo Kuningan itu berpesan para petani milenial harus mampu membaca peluang seperti apa jenis tanaman pangan yang laku di pasaran. Hal ini agar hasilnya bisa benar-benar dibutuhkan warga. 

Pihaknya pun berharap para petani milenial bisa berkreasi dengan olahan makanan hasil pertanian, lebih memperluas jaringan distribusi, lebih meningkatkan produktivitas untuk memenuhi permintaan dari masyarakat maupun mitra.

Lebih lanjut ,adapun tujuan petani milenial diarahkan untuk dapat memanfaatkan teknologi, guna menghasilkan produk pertanian berkualitas dan mampu berdaya saing, menumbuhkembangkan kewirausahaan muda pertanian, serta menciptakan pertanian maju, mandiri, dan modern. 

Terpisah, Ketua TP PKK Kuningan Hj Ika sangat mendukung hadirnya Pasar Tani ditengah masyarakat. Tentu diharapkan kedepannya Petani Milenial dapat berkolaborasi dengan PKK Kuningan.

Dari pantauan adanya boot Pasar Tani membuat warga tertarik untuk hadir dan mereka merasa terbantu karena ada sesuatu yang berbeda yang ditawarkan oleh para petani milenial. (rdk)

Posting Komentar untuk "Kolaborasi Diskatan dan Petani Milenial Hadirkan Pasar Tani"