Loading...

Warga Kuningan Ikut Rasakan Getaran Gempa Garut, Ini Keterangan Kalak BPBD Kuningan

KUNINGAN (OKE)- Gempa  bumi yang mengguncang  Kabupaten Garut pada Jumat (19/11/2023) malam sekitar pukul 21.08 WIB getaran ikut dirasakan oleh warga Kuningan.  Kekuatan gempa sendiri 5,6 magnitudo.

Lokasi gempa berada 114 kilometer barat daya Kabupaten Garu, ternyata selain dirasakan warga Kuningan, juga di wilayah lain seperti Sukabumi dan Bandung. 

Adapun getaran di rasakan di wilayah Kabupaten Kuningan meliputi Kadugede dan Cigugur. Kejadian sempat membuat warga Kuningan kaget.

"Ada beberapa wilayah yang merasakan getaran. Tapi Alhamdulillah tidak berdampak. Hal ini dibuktikan dengan tidak adanya laporan yang masuk," ujar Kalak BPBD Kuningan Indra Bayu Permana, Jumat (20/11/2023) pagi.

Sekadar informasi pada bulan Juni juga sebagian warga Kuningan ikut merasakan getaran gempa yang terjadi di Kabupaten Bantul Provinsi DIY (Yogyakarta) pukul 19.57:43 WIB. Meski getarannya tidak besar tapi sanga terasa.

"Saya lagi nyender di tembok, kok ada getaran saya kira getaran biasa pas ngobrol sama orang tua ternyata merasakan yang sama. Begitu mengecek di berita ternyata gempa," ujar Widya warga Desa Cijemit Kecamatan Ciniru, Jumat (30/6/2023) malam.

Sementara itu, warga lain yang ada di beberapa kecamatan di Kabuapaten Kuningan mengalami. Seperti di Desa Cihaur Kecamatan Ciawi Gebang, Kramatmulya, Kecamatan Cigugur, Kecamatan Subang, Kecamatan Kuningan (sebagian).

"Saya kira di Desa Cihaur saja ternyata di tempat lain juga terasa. Semoga kita diberikan keselamatan," ujar Eli.

Dedi warga Desa Kalapa Gunung Kecamatan Kramatmulya ikut merasakan. Menurut dia, di tempat gempa cukup terasa dan ia pun sempat dibuat kaget.

Meski dibeberapa tempat dirasakan, tapi warga di kecamatan lain tidak merasakan. Seperti di Kecamatan Ciwaru,Darma, bahkan di beberapa kecamatan pun meski ada yang merasa tapi tidak semuanya.

"Ancaran nihil goyangan," ujar Kepala BPBD Kuningan Indra Bayu Permana. (rdk)


Posting Komentar untuk "Warga Kuningan Ikut Rasakan Getaran Gempa Garut, Ini Keterangan Kalak BPBD Kuningan"