Loading...

Suhu Udara Capai 36 Derajat, Kuningan Ngaheab dan Hareudang

KUNINGAN (OKE)- Suhu udara di Kabupaten Kuningan akhir-akhirnya Hareudang dan ngaheab (panas). Kondisi ini tentu dikeluhkan oleh warga karena suhu udara panas di kota kuda tidak biasa.

Kuningan dikenal selama ini dengan suhu udara yang adem terutama yang berada di bawah kaki gunung Ciremai.

Berdasar data dari sumber weather.com pada siang hari suhu sampai 36 derajat. Sedangkan di sore hari masih 34-33 derajat. Kondisi ini membuat orang yang beraktivitas di lapangan merasa muda lelah dan haus. Begitu juga  yang ada di rumah.

Tidak sedikit karena gerah  warga menggunakan AC atau kipas angin. Kondisi ini dirasakan sejak datang musim kemarau. Sedangkan malam hari juga gerah berbeda dengan biasanya.

"Kuningan panas pisan, ngaheab dan hareudang. Biasanya tidak seperti ini. Tadi siang saya cek di ponsel suhu sampai 36 dan sekarang masih 33-34 derajat," ujar Utami kepada kuninganoke.com.

Sementara itu, dari akun BMKG Kertaji, dari data pengamatan BMKG , suhu maksimum terukur selama bulan September 2023  dibeberapa  wilayah Indonesia terjadi cukup tinggi dengan kisaran  suhu 35,4- 38,0 pada siang hari.

Untuk penyebabnya cuaca panas terik sendiri disebutkan oleh pihak BMKG ada 5  penyebab yakni yang pertama sebagian besar wilayah Indonesia didominasi kondisi cuaca yang cerah. Lalu yang kedua minimnya  tingkat pertumbuhan awan terutama pada siang hari.

Kemudian, rendahnya tingkat kelembaban  udara dan untuk point keempat sebagian wilayah  Indonesia masih mengalami musim kemarau. Serta yang terakhir posisi semua matahari menunjukan pergerakan ke arah selatan ekuator, yang berdampak ke penyinaran  matahari  yang relatif lebih intens ke wilayah Indonesia.

Terkait masalah suhu panas, BMKG mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kondisi stamina tubuh dan kecukupan  cairan tubuh terutama bagi warga yang beraktifitas  diluar  ruangan pada  siang hari supaya  tidak terjadi  dehidrasi, kelelahan  dan dampak buruk lainnya.

Terpisah, suhu udara panas ini ternyata memberikan berkah kepada penjual es kelapa muda dan juga jus buah. Mereka mengaku omset penjualan meningkat tajam. Seperti penjualan es kelapa di Jalan Lingkar Purwawinangun Cirendang. (rdk)

 

Posting Komentar untuk "Suhu Udara Capai 36 Derajat, Kuningan Ngaheab dan Hareudang "