Loading...

Jalan Purwasari-Ciniru Tertutup Pohon Tumbang

 

KUNINGAN (OKE)- Hujan deras dan angin kencang  yang terjadi pada Selasa (24/10/2023) sore sekitar pukul 15.30 WIB menyebabkan pohon tumbang menutupi ruas jalan Purwasari-Ciniru tepatnya di Desa Pakembangan Kecamatan Garawangi.

Jumlah pohon yang tumbang lebih dari satu, karena hujan belum ditangani oleh pihak terkait karena takut ada pohon yang tumbang.

Pada kesempatan itu, Kalak BPBD mengimbau kepada warga untuk waspada pancaroba.Pancaroba adalah masa peralihan antara musim kemarau ke musim hujan dan sebaliknya.

Pancaroba bukan musim, tetapi masa peralihan musim yang ditandai oleh kondisi cuaca yang tidak menentu, dari panas tiba-tiba hujan, dari angin tenang tiba-tiba berubah angin kencang dan sebagainya.

"Waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es, dll.) dan dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," jelasnya.

Apa yang harus dilakukan? memperbaiki atap rumah untuk antisipasi cuaca ekstrim, memeriksa pohon dan papan reklame/ baliho,  membersihkan sampah yang menghambat laju air.

Selain itu juga waspadai gangguan kesehatan dengan menjaga ketahanan tubuh, menjaga kebersihan lingkungan untuk menghindari demam berdarah,ikuti perkembangan informasi cuaca di media sosia & website.(rdk)

Posting Komentar untuk "Jalan Purwasari-Ciniru Tertutup Pohon Tumbang"