Loading...

Ikah Hilang Selama 4 Bulan karena "Sakit"

  

KUNINGAN (OKE)- Banyak pertanyaan yang muncul terkait ditemukan Ikah (60) yang hilang selama 4 bulan dan ditemukan di blok Sungai Lima Kaisah atau di Jalur Pendakian Linggajati Pos 2 pada Kamis (12/10/2023) pukul 12.30 WIB.

Ternyata warga Dusun 3 Kampung Cipaku Desa Linggajati Kecamatan Cilimus itu selama ini mengalami gangguan jiwa atau sakit. Korban kemungkinan ke sasar dan terus berjalan ke arah Taman Nasional Gunung Ciremai.

Karena mungkin lupa arah pulang korban terjebak di tempat tersebut hingga meninggal dunia. Selama hilang 4 bulan, baik keluarga dan aparat desa mencari namun tidak ada jejak.

"Korban selama ini "sakit" sudah cukup lama. Selama 4 bulan ini kami terus mencari info," ujar Kadus 3 Fajar Riyadi yang mengaku tengah berada di RSUD Linggarjati, pada Kamis malam.

Andai  Iskandar warga Lingkungan Pahing RT 5/8 Kelurahan Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon tidak mencari bahan bonsai ke kawasan tersebut, mungkin sampai sekarang korban tidak ditemukan. Jasad korban sendiri ditemukan  pada pukul 11.00 WIB.

Iskandar kala itu tengah mencari bahan bonsai  dan tiba-tiba ia melihat benda yang mencurigakan. Setelah didekati ternyata benda itu adalah sesosok jenazah perempuan. Ia pun langsung melaporkan kejadian ini kepada PPGC Linggasana Pendi (45).

Pencarian keluarga dan juga warga Dusun 3 Kampung Cipaku Desa Linggajati Kecamatan Cilimus  selama 4 bulan akhirnya terjawab. Ikah (61) yang selama ini mereka cari ditemukan di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai.

Pendi sendiri langsung melaporkan kepada Brigpol Guntur Erlangga yang merupakan anggota Polsek Cilimus. Setelah itu laporan diteruskan kepada pihak BPBD Kuningan serta Damkar Kuningan.

"Akan dikebumikan pada malam ini karena sudah ada penggalian pemakaman. Malam ini kami di RSUD untuk melihat otopsi jenazah. Kami ikut berduka cita dan semoga keluarga diberikan ketabahan," ujar Fajar.

Terpisah, Kades Linggajati Unang Unarsan langsung ke rumah duka membenarkan bahwa Ikah adalah warganya dan menghilang selama 4 bulan. Saat ini dirinya sudah di rumah duka.

"Saya kurang sehat sehingga menugaskan staf saya untuk membantu proses evakuasi. Semoga almarhum mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT," ujarnya. 

Sekadar informasi proses evakuasi sendiri membutuhkan waktu 2 jam (dari pukul 15.00-17.00 WIB.  Adapun rombongan yang terlibat adalah 2 Anggota Damkar, 6 personel BPBD termasuk Kalak BPBD Indra Bayu Permana,  dari 4  anggota Polsek Cilimus, 3 anggota Koramil Cilimus.

Selanjutnya  4 pegawai TNGC, Inafis Polres Kuningan, perangkat desa dan warga. Sedangkan 20 orang dari Pengelola Pendakian gunung Ciremai Desa Linggajati. Dengan kerjasama akhirnya proses evakuasi berlangsung lancar.

"Evakuasi mayat dilakukan dengan cara ditandu secara estafet dari TKP hingga  Pos Pendakian dan setelah itu dibawah ke RS Linggarjati," ujar Kepala UPT Damkar Kuningan Khadafi Mufti.

Diterangkan lama proses evakuasi karena jaraknya 2 Km dengan medan cukup terjal dengan kemiringan 3--50 derajat. Jalur tersebut tidak bisa diakses dengan kendaraan bermotor baik roda dua maupun mobil.

Sementara itu, dengan kejadian ini pihak keluarga korban merasa lega karena korban sudah ditemukan, meski mereka harus bersedih karena sudah tidak bernyawa lagi. Kejadian ini membuat geger warga  Kabupaten Kuningan terlebih informasi ramai di  tiap medsos.(rdk)


Posting Komentar untuk "Ikah Hilang Selama 4 Bulan karena "Sakit""