Loading...

Ditutup Dengan Upacara, Rangkaian Peringatan HSN di Kuningan Dimulai Ziarah ke Syekh Rama Irengan

 

KUNINGAN (OKE)- Puncak peringatan Hari Santri Nasional di Kabupaten Kuningan adalah digelar upacara di Halaman Setda Kuninan pada Minggu (22/10/2023). Upacara diikuti oleh berbagai pihak mulai dari ASN, Forkopimda, Ponpes hingga organisasi Isla  yang ada di kota kuda.

Bertindak sebagai Pembina Upacara yakni Bupati Kuningan Acep Purnama. Bupati sendiri membacakan sambutan dari Menag RI Yaqut Cholil Qoumas. Adapun tema HSN tahun ini adalah Jihad Santtri Jayakan Negeri.

Pelaksanaan upacara Hari Santri Nasional berlangsung dengan khidmat,  dimulai  pembacaan ayat suci Al-Quran, pengibaran bendera Merah Putih diiringi Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Lalu,  mengheningkan cipta, pembacaan Teks Pancasila.

Setelah itu Pembukaan UUD Negara RI Tahun 1945, Ikrar Santri, pembacaan Resolusi Jihad, amanat Pembina Upacara, serta menyanyikan Lagu Syubbanul Wathon dan Lagu Santri. Peringatan ini diakhiri dengan pembacaan doa. 

Terpisah, Kabag Kesra Setda Kuningan H Nurjati yang juga Koordinator Kegiatan HSN menyampakian peringatan HSN menjadi momentum untuk mendokan para pahlawan, terutama ulama, kiai, dan santtri yang telah syahid demi kemasalahan bangsa dan agama.

Ditempat yang sama Ketua Panitia HSN Kuningan Dr KH Ayub Ahmad SAg MAg mengatakan, santtri merupakan pejuang ilmu pengetahuan yang tak kenal lelang mengejar pengetahuan dan kebijakan sebagai senjata utama.

"Dalam tradisi Islam  jihad intelektual adalah cara untuk membela nilai-nilai keadilan, perdamaian dan pengetahuan," tandasnya.

Mengenai rangkaian HSN di Kuningan dimulai pada Jumat (20/10/2023) dengan melakukan ziarah ke Syekh Rama Irengan  yang terletak di Objek Wisata Darma Loka Kecamatan Darma. Lalu, ke Raden Asya Kamining di Kuningan, Mbah dako /Makam Rambut di Desa Lengkong.

Selain itu juga Mbah KH Halim di Jagasara Cieurih dan MM KH Sobari di Desa Ciwedus Desa Timbang Kecamatan Cigandamekar, pembacaan 1 miliar sholawat nariyah. Sedangkan pada Sabtu ada lomab Albarzanji tingkat SLTA yang diikuti 23 peserta.

"Untuk para juara diberikan tropi dan hadiah yang langsung diberikan oleh Bupati Kuningah H Acep Purnama," ujarnya.



Posting Komentar untuk "Ditutup Dengan Upacara, Rangkaian Peringatan HSN di Kuningan Dimulai Ziarah ke Syekh Rama Irengan "