Loading...

Api Berhasil Dipadamkan Minggu Malam, Luas Lahan yang Terbakar di Gunung Ciremai Masih Didata

 

KUNINGAN (OKE)- Kebakaran hutan dikawasan Taman Nasional Gunung Ciremai  yang terjadi pada  pada Sabtu (21/10/2023) pukul 23.49 WIB, akhirnya bisa dipadamkan pada Minggu (22/10/2023) malam sekitar pukul 20.00 WIB.

Adapun lokasi kebakaran di Blok Batu Seheng, Sutet, Gunung Rangkong dan Pajaten Desa Kaduela Kecamatan Pasawahan. Petugas gabungan terlibat dalam pemadaman adalah BPBD, Damkar , TNGC, TNI , Polri, MPA dan relawan.

"Alhamdulillah api bisa padam pada pukul 20.00 WIB. Untuk langkah lanjutkan akan dilakukan dengan pihak BTNGC dan pihaknya lainnya," ujar Kepala Pelaksanaan BPBD Kuningan Indra Bayu Permana, Minggu malam.

Untuk lahan yang terbakar adalah alang-alang  dan luasan yang terbakar masih dalam pendataan. Sedangkan kebakaran sendiri  terjadi pada Sabtu (21/10/2023), tim patroli  TNGC yang terdiri dari Idin, Koko, Aah, melihat nyala api yang diperkirakan di Blok Batu Saheng Sutet, Gunung Rangkeng Desa Kaduela.

Setelah itu tim meluncur ke lokasi melakukan upaya pemadaman, baru  hari Minggu 22 Oktober pukul 11.40 WIB  BPBD Kuningan baru menerima informasi. 

Sekadar informasi, kebakaran di TNGC terjadi pada Jumat (25/8/2023) dan api baru padam pasa Hari Jadi Kuningan atau Jumat (1/9/2023). 

Pada saat itu  jumlah lahan akibat dampak kebakaran total ada 165,2 Ha dengan rincian tanggal 25-28 seluas 155 Ha, tanggal 29 ada 4,5 Ha, tanggal 30 atau Rabu ada 4,7 Ha dan Kamis seluas 1 Ha. 

Sementara lokasi yang terbakar berada di 12 blok yang berada di Desa/Kecamatan  Pasawahan yakni  Blok Talaga Bogo, Batu Luhur, Blok Batu Kuda, Blok Batu Kuda. Lalu, Blok Batu Beuhuengan.

Kemudian, Blok Tegal Bodas,Blok Jalan Maling,Blok Panjak Rama, Blok Karang Dinding dan  Blok Jalan Bukit Seribu Bintang,Blok Batu Sepur Batu Luhur, Blok Cirendang, dan Blok Pajaten.(rdk)




Posting Komentar untuk "Api Berhasil Dipadamkan Minggu Malam, Luas Lahan yang Terbakar di Gunung Ciremai Masih Didata"