Loading...

4 Rumah di Mekarjaya Rusak, Atap Terbawa Angin dan Tertimpa Pohon


KUNINGAN (OKE)- Hujan mulai turun di beberapa wilayah di Kabupaten Kuningan. Hujan yang disertai angin kencang banyak menimbulkan pohon tumbang dan ini terjadi di Kecamatan Cimahi tepatnya Desa Mekarjaya.

Laporan yang masuk ke pihak BPBD Kuningan, insiden angin kencang yang menyebabkan pohon tumbang terjadi pada Senin pukul 16.00 WIB dan baru dilaporkan Senin pukul 19.00 WIB.

Lokasi pohon tumbang terjadi di Dusun BSM Rt 010. Total ada 4 rumah rusak bagian atap akibat terbawa angin dan tertimpa pohon tumbang.

" Aparat Desa dan masyarakat melakukan upaya pembersihan material pohon yang tumbang dan atap rumah yang rusak dan dilanjutkan pada Selasa pagi.Pendataan terdampak masih dilakukan oleh Aparat Desa setempat," jelasnya.

Pada kesempatan itu, Kalak BPBD mengimbau kepada warga untuk waspada pancaroba.Pancaroba adalah masa peralihan antara musim kemarau ke musim hujan dan sebaliknya.

Pancaroba bukan musim, tetapi masa peralihan musim yang ditandai oleh kondisi cuaca yang tidak menentu, dari panas tiba-tiba hujan, dari angin tenang tiba-tiba berubah angin kencang dan sebagainya.

"Waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es, dll.) dan dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," jelasnya.

Apa yang harus dilakukan? memperbaiki atap rumah untuk antisipasi cuaca ekstrim, memeriksa pohon dan papan reklame/ baliho,  membersihkan sampah yang menghambat laju air.

Selain itu juga waspadai gangguan kesehatan dengan menjaga ketahanan tubuh, menjaga kebersihan lingkungan untuk menghindari demam berdarah,ikuti perkembangan informasi cuaca di media sosia & website.(rdk)

Posting Komentar untuk "4 Rumah di Mekarjaya Rusak, Atap Terbawa Angin dan Tertimpa Pohon "