Loading...

Porpemda Siap Digelar, Pesertanya 27 Kota/Kabupaten di Jabar, Ini Lokasi Venue Untuk 15 Cabor


KUNINGAN (OKE)-  Ajang Pekan Olahraga Pemerintah Daerah (Porpemda) Jawa Barat  ke XV  yang akan digelar pada tanggal 25-29 November 2023 di Kabupaten Kuningan.sudah siap digelar. Hal ini diketahui usai digelar rakor yang diikuti oleh 27 kota/kabupaten yang ada di Jabar.

Rakor sendiri diikuti oleh perwakilan  dari 27 peserta. Hadir Ketua Bapor Korpri Jabar H. Asep Purwanto, M.Pd, dan Kepala Disporapar Provinsi Jabar, Drs  Asep Sukmana, M.Si. Rakor sendiri digelar  di Ruang Rapat Linggajati, Kuningan, Selasa (26/9/2023).

"Dengan semangat kebersamaan pelaksanaan Porpemda akan berjalan sukses, lancar, aman, dan tertib. Apalagi ini penyelenggaraan yang kedua kalinya di Kabupaten Kuningan, selain sebagai media silaturahim sekaligus ajang olah raga yang dapat disaksikan masyarakat," sebut Wabup Kuningan HM Ridho Suganda.

Diterangkan, untuk tema Porpemda yakni  “Dengan Porpemda, Kita Wujudkan Jabar Juara dan Kebugaran Jasmani, serta Produktivitas Kerja Aparatur  Sipil Negara (ASN) di lingkungan Provinsi dan Kabupaten/Kota di Jawa Barat. 

Untuk  Pedoman Penyelenggaraan Porpemda Jawa Barat – XV Tahun 2023  sudah diatur. Hal ini untuk memperlancar terselenggaranya kegiatan.

Dalam Rakor tersebut dibahas, antara lain cabang olahraga dan venue pertandingan, cabang olahraga yang dipertandingkan dan jumlah medali, sasaran peserta, persyaratan peserta. Lalu,  jadwal keabsahan peserta, jumlah atlet, pelatih dan manager Porpemda. 

Selain itu menjadi perhatian juga agenda kegiatan Porpemda,  seperti technical meeting, welcome party, opening ceremony, pelaksanaan pertandingan, dan  rundown serta venue Porpemda.

"Untuk jumlah cabor yang dipertandingkan adalah 15 cabor. Untuk lokasinya sudah ditentukan sehingga tinggal pelaksanaannya saja," ujar Wabup Edo yang juga Ketua KONI Kuningan.

Diterangkan,  cabor bola voli akan dilangsungkan di lapangan bola voli SMAN Jalaksana, bulu tangkis di Gor Bulu Tangkis Andri Musthi Kuningan, billiard di Gedung Billiard Barakuda Kuningan, bola basket di GOR Ewangga Kuningan.

Selanjtunya, atur di STKIP Muhammadiyah Cigugur  Kuningan, futsal di Lapangan Futsal Abah Maja Winduhaji Kuningan, tenis meja di Aula Uniku, Tenis Lantai di Lapangan Tenis Korpri  Kabupaten Kuningan, dan Senam akan digelar di Aula/GOR SMKN 3 Kuningan.

“Sedangkan untuk gerak jalan, Start di Pandapa Kuningan dan Finish di KIC Kuningan, khusus untuK cabang olahraga Golf berlangsung di Lapangan Golf Jatinangor, hadangan di Gedung Serbaguna BKPSDM Kabupaten Kuningan. Ada juga cabang olahraga seperti Egrang, Tarumpah Panjang, dan Sumpitan yang akan diselenggarakan di Lapangan Sepak Bola Desa Cikaso,” beber wabup.

Ditempat yang sama  Wakil Ketua Panitia Pelaksana Dudy Budiana, M.Si menyebutkan,  peserta pada perhelatan Porpemda XV Jabar tahun 2023 adalah CPNS, ASN, dan PPPK di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota se Jawa Barat.

Namun kata dia, tidak termasuk para CPNS/ASN, dan PPPK pusat atau vertikal dan sebagainya. Sementara, untuk CPNS, ASN, dan PPPK di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga akan berpartisipasi sebagai kontingen Pemprov.

Ada beberapa tahapan pendaftaran peserta diterangkan Dudy, tahap I  dibuka 22 September hingga 16 Oktober 2023, berdasarkan cabor  dan nomor pertandingan, tahap II pendaftaran  23 Oktober hingga 6 November 2023, berdasarkan nama peserta dari setiap kontingen beserta nomor dan cabang olahraga yang diikuti.

“Tahap III adalah keabsahan atlet dengan melampirkan KTP dan Karpeg asli untuk pengambilan ID Card, mulai 13 hingga 18 November 2023. Pendaftaran peserta dapat dilakukan di Sekretariat Gedung Korpri Kabupaten Kuningan,” ujar Dudy  yang juga menjabat Kepala BKPSDM Kabupaten Kuningan.

Lebih lanjut Dia menyebutkan kondisi eksisting sebagai tuan rumah,  bahwa untuk hotel  berbintang dan non bintang   jumlah kamar sebanyak 1.231 kamar bisa menampung 2000-2500 orang, dan ada   villa/cottage/wisma/homestay, sehingga keseluruhan  227 kamar bisa menampung 500-700 orang. (rdk)

Posting Komentar untuk "Porpemda Siap Digelar, Pesertanya 27 Kota/Kabupaten di Jabar, Ini Lokasi Venue Untuk 15 Cabor "