Loading...

Sapi Kurban Seberat 3 Kwintal Terperosok ke Parit

 

KUNINGAN (OKE)- Rabu (28/6/2023) sore petugas Damkar Kuningan melakukan evakuasi sapi seberat 3 kwintal yang terperosok ke parit di  yang berada di  Lingkungan Cipicung Rt. 05 /02 Kelurahan/Kecamatan Kuningan. Parit tersebut sedalam 7 meter degan lebar 4 meter.

Sapi yang terperosok itu adalah hewan kurban  milik Hj Imoh (83) yang akan disembelih pada Kamis (28/6/2023) .Insiden yang menggemparkan Lingkungan Cipicung itu terjadi pada pukul 16.00 WIB. Petugas Damkar sendiri hanya butuh waktu sekitar 15  menit untuk mengevakuasi sapi tersebut.

Menurut keterangan saksi Fadli (32) dirinya baru tiba di rumah dan memarkirkan motornya tiba-tiba sapi yang di ikat di pekarangan rumahnya terlepas/putus. Lalu, ia  menggiring sapi tersebut ke pekarangan yang ada rumputnya sambil mencari tali baru untuk mengikat sapi.

Namun tiba-tiba sapi tersebut malah mengikuti dan saat di lakukan pengusiran berharap sapi kembali ke halaman sapi malah berlari ke pinggiran parit/sungai dan terperosok ke dalam Parit ± 7 meter.

 Karena panik dan tidak bisa mengangkat sapi tersebut  Fadli melaporkan kejadian tersebut ke kantor UPT Pemadam kebakaran .  Pihak Damkar ini sendiri menerjunkan 4 anggota Regu  menggunakan Randis RR dengan membawa peralatan Rescue berangkat ke TKP. 

Dengan penuh perjuangan akhirnya sapi berhasil dievakuasi dengan menggiring ke tempat yang lebih landai supaya sapi bisa naik .Petugas Damkar dibantu warga  sekitar dan proses evukuasi memakan  waktu selama  -+ 15 menit.

"Kami menggunakan peralatan tambang dan peralataan rescue lainnya. Alhamdulillah sapi bisa dievakuasi," ujar Kepala UPT Damkar Kuningan Khadafi Mufti MSi.

Atas insiden ini Khadafi meminat agar pemilik sapi lebih memerhatikan lagi hewan ternaknya terkait keamanan dan kenyamanan kandang atau di ikat dengan kuat bila berasa diluar kandan supaya sapi tidak terlepas. 

Sementara itu, pemilik sapi kurban mengucapkan terima kasih atas bantuan yang sudah dilakukan oleh pihak Damkar Kuningan. Andai tidak ada pertolongan akan sulit dievakuasi.(rdk)


Posting Komentar untuk "Sapi Kurban Seberat 3 Kwintal Terperosok ke Parit"