Loading...

Pabrik Kerupuk Terbakar, 4 Unit Motor dan 1 Sepeda Ikut Ludes, Kerugian Rp121 Juta


KUNINGAN (OKE)- Insiden kebakaran di wilayah Kabupaten Kuningan terjadi lagi.Kali ini sebuah pabrik kerupuk di Desa Desa Jagara Kecamatan Darma. Pabrik yang berada di jalan Gang Udang Blok Cimulya Kulon Rt 07/02  diketahui terbakar pada pukul Jumat dini hari sekitar pukull 01.30 WIB.

Dari kejadian itu sang pemilik Kerupuk Sari Arum Solihin (32) harus mengalami kerugian sebesar Rp121 juta. Sebab, yang terbakar bukan hanya tempat penggorengan saja tapi juga kerupuk, 4 motor, 1 sepeda, open,kawali.

Hasil investigasi yang dilakukan oleh petugas Damkar Kuningan, kebakaran disebabkan akibat sisa bara yang merembet kebangunan lain. Sisa bara hasil penggorengan sebelumnya belum padam.

Dalam kasus tersebut tidak ada korban hanya kerugian material saja. Petugas Damkar sendiri butuh waktu 1 jam untuk melakukan pemadaman, dengan dibantu oleh aparat, perangkat desa hingga warga setempat.

Menurut Kades Jagara Umar, awal mula diketahui adanya kebakaran adalah ketika pemilik pabrik yakni Solihin. Pada saat itu ia akan pergi membeli kerupuk mentah tiba-tiba terlihat ada pi sudah membesar di atas penggorengan.

Solihin melihat tempat usaha terbakar ia langsung berteriak meminta pertolongan dan warga pun langsung melakukan pemadaman dengan peralatan seadanya. Di sisi lain Dani menelpon pihak UPT Damkar.

"Kami kerahkan 1 unit mobil dan proses pemadaman berlangsung selama 1 jam. Setelah dilakukan pengumpulan data diduga kebakaran dari bara api yang tersisa dari sisa pembakaran sebelumnya," ujar Kepala UPT Damkar Kuningan Khadafi Mufti. 

Diterangkan, penyebab api mudah berkobar karena bangunan  terbuat dari bilik bambu. Dari insiden ini tidak merembet ke bangunan lain karena cepatnya warga bertindak ditambah lagi pihak Damkar yang terbilang cepat meski jarak cukup jauh.

Khadafi merinci  total kerugian Rp121.350.000 itu terdiri dari luas bangunan Rp75 juta karena luas bangunan yang terbakar 10 M2 X 10 M2 =100 meter.Lalu, 1 unit Yamaha Vixion 201 seharga Rp9,75 juta.

Kemudian, motor Yamaha Mio seharga Rp8,6 juta, Yamaha Jupiter 2017 dengan harga Rp6 juta. Lalu, Honda Supra Fit Nopol Z 6562 TI tahun 2009 Rp2,5 juta dan sepeda Rp200 ribu.

Selain motor lanjut Khadafi ada kerupuk mentah 500 Kg X Rp20 ribu = Rp10 juta, 2 buah kwali penggorengan seharga Rp8 juta, dan open Rp1,3 juta.

Pada kesempatan itu,  Khadafi menyebutkan, hambatan yang dirasakan adalah terlambatnya laporan 1 jam . Selain itu juga bahan bangunan yang terbuat dari bahan bilik bambu sehingga api cepat berkobar. 

"Jarak mobil ke TKP kurang lebih 200 meter sehingga anggota harus menyambungkan selang sebanyak 6 rol ikut mejadi penyebab," jelasnya.

Ditambahkan, apabila terjadi kebakaran, segera laporkan ke kantor UPT Damkar Satpol PP Kuningan di No (0232)871113 & 081322698881 dan  layanan ini gratis /tidak dipungut biaya apapun.(rdk) 



Posting Komentar untuk "Pabrik Kerupuk Terbakar, 4 Unit Motor dan 1 Sepeda Ikut Ludes, Kerugian Rp121 Juta"