Loading...

Pengembangan Desa Cerdas di Kertayasa Diapresiasi Kemendes PDTT

 

KUNINGAN (OKE)-Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengapresiasi Desa Kertayasa Kecamatan Sindangagung yang telah mengimplementasikan pengembangan desa cerdas. 

"Upaya yang dilakukan Desa Kertayasa   melalui pemetaan masalah dan potensi desa sejak tahun 2020 telah melahirkan satu platform program dan inovasi berbasis digital," ujar  Koordinator Pusat Daya Saing Program Desa Cerdas, Mukhlis di Kuningan, Rabu, (21/6/2023).

Menurut Mukhlis, Desa Cerdas adalah konsep pembangunan desa berbasis digital, yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa lewat pemanfaatan teknologi.

Lebih lanjtu dikatakan, Desa Cerdas memiliki enam pilar, yakni warga cerdas, mobilitas cerdas, ekonomi cerdas, pemerintahan cerdas, pola hidup cerdas, dan lingkungan cerdas.

"Setelah menyimak paparan dari pak kades dan menyaksikan video, untuk desa Kertayasa saya kira layak untuk dijadikan model tingkat nasional," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kertayasa Arief Amarudin mengatakan, lahirnya Program Desa Cerdas tahun 2021 akhir menjadi inspirasi baru untuk menguatkan sistem tata kelola pemerintahan desa.

"Membentuk tata kelola pemerintahan berbasis digital akan banyak memudahkan layanan masyarakat dengan azas mudah, murah dan cepat," kata kades yang sarat prestasi ini.

Dikatakan, manfaat program desa cerdas juga secara tidak langsung telah mereformasi birokrasi, dengan membentuk suatu sistem tatanan pemerintahan menjadi lebih baik.

"Output dari ini semua tentunya, kami tengah berupaya untuk menggali potensi Pendapatan Asli Desa sehingga dapat mensejahterakan masyarakat," sebutnya.

Hadir dalam kegiatan ini, team Program Desa Cerdas dan Desa Inklusi Kemendes PDTT, para duta digital Kabupaten Kuningan, Komunitas Digital Desa Kertayasa, perangkat desa dan BPD.

Sekadar informasi, terpilihnya Kertayasa menjadi Desa Cerdas tidak terlepas dari sosok Kades Arief. Pria yang lama menjadi wartawan ini merubah Kertayasa yang tidak dikenaloleh warga Kuningan menjadi desa berprestasi.

Tidak heran dengan berbagai terobosan banyak prestasi yang diraih baik secara individu maupun untuk desa. Hal ini mejadi contoh bagi desa lain, ketika Kadesnya cerdas dan masyarakatnya ikut mendukung maka kemajuan desa tinggal menunggu waktu.(rdk)

Posting Komentar untuk "Pengembangan Desa Cerdas di Kertayasa Diapresiasi Kemendes PDTT "