Loading...

Hebat,Wahyu Jadi Satu-satunya Kadis di Indonesia yang Mengikuti Pelatihan Digitalisasi di Amerika

 


KUNINGAN (OKE)- Kabar membanggakan datang dari Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika  Kabupaten Kuningan Dr Wahyu Hidayah MSi. Pria yang dikenal supel itu akan berangkat ke negara paman sam.

Keberangkatan pria yang juga Kasatkorcab Banser Kuningan itu, akan mengikuti kegiatan Internasional Visitor Leadership Program (IVLP) on Demand tahun 2023 tentang Us Best Practices in Digital Economy and Governance.

Pelatihan akan dimulai pada tanggal 10-22 Juni di Amerika Serikat. Pemaanggilan sebagai peserta dari Kedutaan Besar Amerika Serikat merupakan hasil kerjasama dengan Kominfo RI.

Mantan Kabag Humas Setda Kuningan ini patut berbangga karena yang berangkat ke AS itu hanya 10 orang. Mereka yang terpilih hasil seleksi berdasarkan prestasi dan Wahyu meripakan satu-satu Kepala Dinas Kominfo di Indonesia yang terpilih. 

Adapun rincian ke 10 orang itu adalah Kemenkominfo 3 orang, Perguruan Tinggi 2 orang, BUMN/Perusahaan 4 orang. Wahyu sendiri pada tahun 2022 telah  mengikuti pelatihan Digital Leadership Achademy Mitra Unisversity of Singapore dan menjadi peserta terbaik.

Menurut Wahyu, Internasional Visitor Leadership Program U.S Department of State merupakan  program pelatihan profesional yang diselenggarakan oleh Departemen Luar Negeri Amerika Serikat. 

Program ini memberikan kesempatan kepada peserta dari berbagai negara untuk mengunjungi Amerika Serikat dan berinteraksi dengan para pemimpin, praktisi, dan ahli di bidang mereka masing-masing.

“Tujuan Program IVLP, antara lain meneliti praktik terbaik untuk kepemimpinan dan tata kelola ekonomi digital dari praktisi AS," ujarnya, Rabu (7/6/2023).

Lebih lanjut akan  bekerja dengan mitra AS untuk mengidentifikasi bidang utama yang dapat dimanfaatkan Indonesia untuk transformasi digital,  memperkuat jaringan AS-Indonesia untuk kepemimpinan digital dan transformasi, dan saling bertukar wawasan ekonomi digital antara Amerika Serikat dan Indonesia.

Untuk jadwal kegiatan IVLP Kadis Wahyu menerangkan, dimulai  pemberangkat ke Amerika Serikat pada 9 Juni  hingga kembali ke Jakarta 24 Juni 2023. Kota yang dikunjungi yaitu Washington DC, Boston dan Raleigh North Carolina. 

Selama di Amerika, peserta akan bertemu dengan perwakilan dari pemerintah, lembaga digital dan praktisi untuk membahas kebijakan dan strategi AS tentang keamanan dunia maya, perlindungan data, diplomasi digital, penerapan digitalisasi di bidang pemerintahan dan ekonomi, ekuitas digital dan upaya inklusi serta mempelajari inisiatif teknologi dan mendiskusikan cara untuk berkolaborasi.

Menanggapi kesempatan ini, Wahyu mengungkapkan kegembiraannya dan ia bersyukur karena terpilih menjadi peserta. Tentu untuk menjadi bagian  yang  memberikan kontribusi dalam pembangunan dan hubungan bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat.

Kadis Wahyu menuturkan,  terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan, terutama bupati, wabup dan  sekda yang telah memberikan izin dan Surat Perintah Tugas mengikuti Diklat ke Amerika Serikat. 

"Semoga program IVLP  akan memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi pembangunan transformasi digital di Kuningan, secara luas untuk kemajuan Indonesia," ujarnya.(rdk)

Posting Komentar untuk "Hebat,Wahyu Jadi Satu-satunya Kadis di Indonesia yang Mengikuti Pelatihan Digitalisasi di Amerika"