Loading...

Sah, Ini Besaran Zakat Fitrah Ramadhan Tahun 1444 H/2023

KUNINGAN (OKE)- Hasil rapat koordinasi Dewan Syariah Baznas Kabupaten Kuningan, Selasa (17/1/2023) di rung rapat kerja Sekda Kuningan, Baznas telah menetapakan besaran zakat fitrah untuk Ramadhan tahun 1444 H/2023.

Adapun besarnya adalah Rp30 ribu/jiwa atau setara 2,5 Kilo gram beras. Harga beras sendiri yang dipilih adalah Rp12 ribu/Kg. Rapat sendiri dipimpin oleh Ketua Dewan Syariah sekaligus Sekda Kuningan Dr Dian Rachmat Yanuar.

"Dengan telah ditetapkapnya, umat Islam diimbau bisa menunaikanya dan diharapkan pula pembayaran zakat disegerakan. Hal ini agar pendistribusian bisa maksimal dan manfaatnya bisa dirsakan oleh fakir miskin," ujar sekda.

Sementara itu, Ketua Baznas Kuningan Drs  Yayan Sofyan MMS mengungkapkan penetapan nominal zakat fitrah berdasarkan refrerinsi kaidah syari dan regulasi yang berlaku, sesuai peraturan menteri agama.

Dalam PMA Nomor 52 Tahun 2014 tentang Tata Cara Perhitungan Zakat Maal dan Zakat Fitrah dalam bagian kedua pasal 30 ayat (1), disebutkan bahwa zakat fitrah ditunaikan dalam bentuk beras/makanan pokok seberat 2,5 Kg per jiwa. 

Kemudian dalam pasal 30 ayat (3) disebutkan bahwa beras atau makanan pokok sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dapat diganti dalam bentuk uang yang senilai 2,5 Kg.

Berita acara Penentuan Takaran Zakat Fitrah dan Konversi ke Nilai Mata Uang Rupiah di Kabupaten Kuningan itu ditandatangani Dewan Syariah Baznas Kabupaten Kuningan, diantaranya Sekda Kabupaten Kuningan, Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si,  Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kuningan, Drs. H. Ahmad Handiman Romdony, M.Si.

Kemudian,  Ketua MUI Kab. Kuningan KH. Dodo Syarif H, MA, Kepala Bagian Kesra Setda, H. Nunung Nurjati, S.Pd, M.Si Ketua PCNU, DR. KH Aam Aminudin, SHI, MA, Ketua PD PUI, DR. H. Toto Toharudin, M.Pd.

Ada juga    Ketua PD Muhammadiyah, Drs. H. Wahid T BK, MA  dan Ketua PD Persis, H.Tatang Kurnia, S.Ag. Hadir juga dari Dinas Kopdagperin Kabupaten Kuningan. (dhn/rdk)

Posting Komentar untuk "Sah, Ini Besaran Zakat Fitrah Ramadhan Tahun 1444 H/2023 "