Loading...

Kunjungan Lapangan Tim LPPM Trisakti Tahap Kedua ke 5 Sentra UMKM di Kuningan

 

KUNINGAN (OKE)-Belum lama ini atau tepatnya pada tanggal 13-14 Januari 2023, Diskopdagperin Kuningan,menerima kunjungan tim dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Trisakti dibawah pimpinan Prof. Dr. Ir. Astri Rinanti, MT. 

Rombongan yang terdiri dari para dosen Universitas Trisakti sebanyak 15 orang tersebut bertujuan melakukan kunjungan lapangan  tahap 2 sebagai salah satu implementasi dari MoU antara Universitas Trisakti dan Kabupaten Kuningan.

Kepala Diskopdagperin, U. Kusmana, S.Sos., MSi, menyampaikan sangat senang dengan kehadiran tim LPPM Usakti ini, karena dengan adanya kolaborasi ini dapat membantu Pemerintah Kabupaten Kuningan dalam pengembangan UMKM di Kabupaten Kuningan.

Sekaligus lanjut dia,  dapat membantu akselerasi pencapaian target kinerja Pemerintah Kabupaten Kuningan  dalam RPJMD 2028-2023. Tim LPPM Usakti selama 2 hari melakukan survey lapangan ke Koperasi dan UMKM yang telah ditentukan terbagi dalam 5 tim.

Adapun rinciinya adalah kunjungan ke Koperasi Karya Nugraha Cigugur untuk penelitian pengembangan pengolahan kotoran hewan (sapi) di wilayah Kecamatan Cigugur, UMKM di sentra Ubi Ungu, UMKM di Sentra Tape Ketan Desa Tarikolot Kecamaan  Cibeureum,.

"Selanjutnya, UMKM Kopi di Desa Cibeureum Kec. Cilimus, dan UMKM di sentra alat kebersihan Desa Tarikolot Kecamatan Pancalang," ujar Kusmana.

Selain kunjungan lapangan seluruh tim LPPM Usakti melaksanakan acara diskusi yang bertujuan untuk brainstorming antar tim bersama Kepala Diskopdagperin dan para pelaku usaha yang terlibat dalam kegiatan tersebut bertempat di Hotel Grand Cordela Kuningan. 

Diskusi yang hangat tersebut melahirkan ide-ide inovatif dalam pemecahan masalah yang dihadapi oleh para pelaku usaha yang akan dituangkan dalam Roadmap kegiatan yang selaras dengan program pengembangan dan pemberdayaan Koperasi dan UMKM di Kabupaten Kuningan 

Perihal kerjasama ini dijelaskan oleh Ketua LPPM Usakti, Prof. Dr. Ir. Astri Rinanti, MT, pihaknya  bermaksud berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Kuningan  untuk melakukan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di bidang Koperasi dan UMKM, melalui aktivitas akademik seperti seminar, diskusi, dialog termasuk pemagangan yang dilaksanakan secara bersama-sama. Hal ini merupakan wujud implementasi

Menyambut rencana itu, Kepala Diskopdagperin menyatakan pihaknya akan bekerja keras dalam mewujudkan program pilot project tersebut, pada prinsipnya Pemerintah Kabupaten Kuningan mendukung, terutama mengenai implementasi keilmuan untuk membangun masyarakat Kabupaten Kuningan.

"Kerjasama antara Universitas Trisakti dan Kab. Kuningan ini  bisa sangat berguna bagi upaya meningkatkan membangun ekonomi masyarakat kerakyatan" ujarnya.

Dalam RPJMD Kabupaten Kuningan Tahun 2018-2023, lanjut Kepala Diskopdagperin  Kuningan memprioritaskan bidang pariwisata dan pertanian. Menurutnya Koperasi dan UMKM untuk menunjang dua sektor unggulan itu yang akan menjadi pilot project kerjasama antara Pemkab Kuningan dengan Universitas Trisakti. 

"Dengan kolaborasi dengan pihak akademisi, potensi Koperasi dan UMKM yang ada berpeluang besar untuk diberdayakan sehingga meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kuningan," sebutnya.

Turut hadir pada acara ini adalah Dr. Ir. Ishak Kasim, MT., selaku Wakil Direktur LPPM Usakti dan Dr. Ida Busnetty, SE. MM., selaku Kepala Pusat Pengambangan Wilayah LPPM dan Sektetaris Pusat Studi UMKM dan Persaingan Usaha.(dhn

Posting Komentar untuk "Kunjungan Lapangan Tim LPPM Trisakti Tahap Kedua ke 5 Sentra UMKM di Kuningan"