Loading...

Dibangun Dengan Dana Rp3,5 Miliar, Warga Ciniru Kini Punya Pasar yang Megah

 

KUNINGAN (OKE)- Bupati Kuningan H Acep Purnama pada Sabtu (21//1/2023)malam  meresmikan Pasar Rakyat Desa Ciniru Kecamatan Ciniru. Sengaja pada malam hari karena karena ada hibur wayang golek .

Pasar ini dibangun sejak 1 Jul 2022 dan kelar 28 November 2022. Dari catatan kuninganoke.com, pasar itu dibiayai dengan dana Rp3,5 miliar. Lokasinya tepatnya berada di Dusun Ciuyah.

Adapun luas tanah adalah 1590 M 2 dan luas bangunan 918 M2 dengan jumla kios terdapat 2 unit berukuran 5 X 3 M dan 20 berukuran 3 X 3 meter. Sedangkan los ada 60 unit dengan ukuran 2 X  2 meter.

Menurut Kadiskopdagperin total padagang adalah 82. Dengan direvitalisasi diharapkan memberikan kenyamanan kepada pedagang dan juga pembeli serta yang utama adalah dapat  mendongkrak perekonomian masyarakat. 

Sementara itu, Bupati Acep Purnama mengucapkan terima kasih kepada para pedagang telah mendukung program pembangunan Pasar Rakyat Ciniru, sehingga berjalan sesuai dengan target waktu yang ditelah ditentukan.

"Kami memiliki komiten untuk terus melakukan pembangunan dan revitalisasi pasar rakyat untuk memberikan akses bagi para pedagang terutma untuk kalangan UMKM,"jelasnya.

Pasar rakyat lanjut bupati mempunyai peran ganda, selai sebagai penggerak perekonomian,pasar juga merupakan wahana interkasi sosial dan budaya masyarakat setempat. Oleh karena itu pembangunan dan peremajaan pasar-pasar rakyat selalu mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah pusah.

Bupati Acep juga menjelaskan bahwa pembangunan pasar rakyat ini, sejalan dengan Visi Kuningan MAJU. Selain itu, lanjut Bupati, untuk meningkatkan kapasitas bangunan pasar rakyat yang representatif, bersih, rapi dan nyaman baik untuk para pedagang maupun untuk masyarakat selaku konsumen.

“Mari kita jadikan pembangunan Pasar yang baru ini sebagai langkah awal untuk para pedagang guna melakukan perubahan dalam pengelolaan pasar rakyat sehingga dapat mendukung terwujudnya Kabupaten Kuningan yang MAJU (Ma’mur, Agamis Pinunjul berbasis Desa),” ajak bupati.

Bupati Acep berpesan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pihak desa atau pengelola pasar. pertama, pasar rakyat harus langsung dimanfaatkan dan memprioritaskan pedagang lama. 

Kedua, untuk pemeliharaannya menjadi tanggungjawab pemerintah desa. saya berharap pasar ini mampu menjadi motor penggerak ekonomi rakyat di desa ciniru dan saya mengajak masyarakat desa ciniru dan sekitarnya memanfaat peran pasar ini secara optimal.

Usai sambutan Bupati, dilakukan kegiatan prosesi gunting pita, tanda diresmikannya Pasar Rakyat Ciniru. Dilanjutkan peninjauan bangunan pasar oleh Bupati Acep beserta jajaran. Tidak lupa juga ada ada pergelaran wayang.

Posting Komentar untuk "Dibangun Dengan Dana Rp3,5 Miliar, Warga Ciniru Kini Punya Pasar yang Megah "