Loading...

Mau ke Kuningan, Mobil Minibus Tiba- Tiba Terbakar, Sempat Terjadi Beberapa Kali Ledakan


KUNINGAN (OKE)- Insiden kebakaran menimpa mobil minibus merek Toyota Avanza  No Pol B 2933 JKL Warna Hitam Metalik Tahun 2018 . Mobil ini milik PT Adi Sarana Armanda - Jakarta Utara.

Adapun kronologisnya  terjadi di Jalan Nasional  Cikijing - Kuningan tepatnya di Blok Cipadung, Desa Sindangpanji Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka.

Kejadian itu terjadi ba'da magrib dan pihak Damkar langsung melakukan pemadaman pendingan pukul 19.30 WIB dan kelar pukul 20.00 WIB. Dari rekaman video amatri yang beredar sempat beberapa kali terdengar ledakan.

Mobil sendiri dikemukdan oleh   Anang Hermawan (35) Alamat Kp. Cijero Kaso Rt.02 Rw.06 Desa Cibodas Kecamtan  Lembang Kabupaten  Bandung Barat. Sedangkan satu penumpang bernama Galih Saputra  (34) Alamat Kp. Cirawa Rt.01 Rw.14 Desa Cirawa Mekar Kecamatan  Cipatat Kabuapten  Bandung Barat 

Menurut keterangan pengendara yaitu  Anang Hermawan yang didampingi  Galih Saputra , berangkat dari  dari Bandung,sekitar pukul 18.WIB, pada saat di jalan Anang bersama 1 orang rekannya berangkat dari Cikijing menuju ke Kuningan untuk bertemu urusan pekerjaan. 

Kemudian  pada saat sedang melakukan perjalanan  di jalur Cikijing - Kuningan, lebih tepatnya di Blok Cipadung Desa Sindangpanji Kecamatan  Cikijing  Majalengka, tercium bau gosong didalam mobil.

Pengemudi memberhentikan mobilnya di jalur sebelah kiri, dan bermaksud membuka bak penutup mesin mobil. Namun asap semakin membesar dan terlihat api menyala dari dalam mobil ( bawah stir pengemudi).  

Anang dan rekannya berusaha untuk memadamkab api dengan menggunakan  memakai air mineral, tapi api malah semakin membesar  dan menjalar kebagian mesin depan. Karena panik, pengemudi dan seorang temannya langsung keluar mobil untuk menyelamatkan  diri.

 Dan setelah korban keluar dari kendaraan, api makin besar,  mengakibatkan kendaraan  berjalan mundur sekitar 100 Meter dan berhenti setelah menabrak tembok penyangga tebing, dengan kondisi terbakar. 

"Api semoat berusaha dipadamkan dengan menggunakan Apar milik kepolisian sektor Cikijing, namun api semakin.membesar. khawatir api semakin membesar dan  tumpahan BBM bisa menyebabkan kebakaran susulan," ujarnya.

Saat mobil terbakar saksi Dian Apandi ( anggota Dishub Kab.Kuningan) saat sedang melitas di TKP kebakaran pada pukul 19.15WIB  melaporkan kejadian kebakaran ke kantor UPT Damkar Satpol PP Kab.Kuningan (0232) 871113.

 Selanjutnya pada pukul 19.15 wib 1 randis Damkar dan 5 Anggota dari regu 3 piket, berangkat ke lokasi dan tiba pada pukul 19. 40 wib ( 25 menit). Bersama -sama dengan :5 Anggota Polsek Cikijing,  Anggota Koramil Cikijing, dan semua pihak yang ikut berperan penting.

"Api berhasil dipadamkan pada pukul 21.00 wib ( 1 jam 15 menit). Setelah dilakukan pendataan, pengumpulan bukti dan keterangan saksi, penyebab kebakaran diduga dari arus pendek listrik di bawa stir kendaraan," ujar Kepala UPT Damkar Kunngann Khadafi.

Dikatakan, karena letak posisi kebakaaran lebih mendekati dengan Kuningan, dan Pos Damkar wilayah, ( Penanganan bersama kebakaran antar batas wilayah Kabupaten / Kota). Untuk penyelidikan lebih lanjut dilakukan oleh Pihak Kepolisian Sektor Cikijing/ Polres Cikijing. 

"Untuk kerugian adalah Rp150 juta.Karena kemacetan jalur dilokasi kebakaran, mengakibatkan kendaraan tersendat saat menuju lokasi,"jelasnya.(dhn/rdk)



Posting Komentar untuk "Mau ke Kuningan, Mobil Minibus Tiba- Tiba Terbakar, Sempat Terjadi Beberapa Kali Ledakan"