Loading...

Oli Tumpah, 34 Kendaraan Tergelincir, 2 Orang Dilarikan ke Puskesmas


KUNINGAN (OKE)- Akibat ada tumpahan oli  di Jalan Raya Provinsi Legok - Losari Desa Legok Kecamatan  Cidahu puluhan kendaraan yang terdiri dari 4 mobil dan 30 motor tergelincir. Bahkan ada dua orang yang harus dilarikan ke Puskesmas Cidahu.

Insiden tumpuhan oli ini terjadi pada Kamis (15/9/2022) dini. Laporan masuk   Pukul 02.30 WIB dan Petugas Damkar langsung ke TKP,  tiba di lokasi  Pukul 02.55 WIB . Mereka  mulai eksekusi/ pembersihan 03.00 - 06.00 WIB  atau sekitar  3 jam / 180 menit ).

Menurut Kepala UPT Damkar Kuningan Khadafi Mufti, tumpahan olih  berasal dari alat berat dan panjangnya   sepanjang _+  1 km.  Untuk membersihkan, pihaknya menerjunkan  5 orang anggota  dan menghabiskan sebanyak 7.000 liter air yang di campur dengan diterjen untuk mengurai dan mengurangi tumpahan solar. 

Diterangkan, laporan oli tumpah berasal  dari Ade Tian, Sopir mobil box, Asal Kelurahan  Winduhaji, Kecataman  Kuningan yang datang langsung ke UPT Pemadam Kebakaran. 

Ia  melewati jalur tersebut ketika  menuju arah ciawigebang setelah mengirim barang dari daerah jawa. 

Ade melihat tumpahan oli yang cukup banyak, dan  mengakibatkan beberapa kendaraan tergelincir dan menimbulkan  kemacetan yang cukup panjang  serta mengakibatkan  adanya korban lalin tergelincir. 

"Pak  Ade  juga melaporkan kejadian  ke kantor Polsek Cidah. Pasca ada laporan kami bersama anggota Polsek, aparat kecamatan Cidahu serta  warga  sekitar melakukan pembersihan hingga  pukul 06.00 WIB," tandasnya. 

Setelah dilakukan pendataan, penyebab bocornya oli  berasal dari rangkaian kendaraan tronton sebanyak 5 mobil yang membawa alat berat. Diduga kebocoran oli berasal dari kendaraan kontainer yang berada di rangkaian paling depan  mengangkut alat berat milik PT. ADEC DAN PT. FASHION STITCH JOSHUA, dengan No Pol A 9417 TX.

Mengenai korban  dilarikan ke Puskesmas Cidah berjumlah 2 orang, dengan identitas  Pak Soni 61 tahun luka di bagian patela (dengkul) dan kaki kanan bagian bawah lecet. Lalu, Widia 19 tahun luka di patela hematum (dengkul)  bengkak, dan sedikit sobek di bagian kaki.

Sementara pengendara roda 2 yang melewati jalan tersebut _+ 30 pengendara, mengalami kecelakaan (jatuh), tapi tetap melanjutkan perjalanan. Sedangkan kendaraan roda 4, yang tergelincir berjumlah _+ 4 kendaraan yakni bus Sahabat ,Mobil box , Kontainer pengangut travo dan truk pengangkut barang

"Semua korban laka lalin sudah ditangani pihak Puskesmas Cidahu, pihak perusahaan akan bertanggung jawab," tandasnya. 

Diterangkan, karena kondisi jalan menurun, membuat kendaraan milik Damkar pun harus ekstra hati-hati karena membawa beban berat dan jalannan yang licin. Lambatnya bantuan penanganan dari  pihak perusahaan berupa tenaga untuk pembersihan sehingga menyulitkan petugas.

Selanjutnya, jalur jalan yang ramai sehingga membuat akses buka tutup jalan harus dilakukan.karena dapat membahayakan nyawa petugas damkar dan kini akses jalan sudah bisa dilalui kembali oleh kendaraan. (dhn/rdk)


Posting Komentar untuk "Oli Tumpah, 34 Kendaraan Tergelincir, 2 Orang Dilarikan ke Puskesmas"