Loading...

Mengenal Situs Lemah Luhur yang Pernah Dikunjungi Sunan Gunung Jati dan On Tien

KUNINGAN (OKE)- Sejarah itu jangan dilupakan karena tidak a mungkin ada kita kalau tidak ada karuhun. Pada tulisan kali ini akan dibahas Situs Lemah Luhur yang ada di Desa Wilanegara Kecamatan Luragung.

Desa ini berdekatan dengan Desa Cigedang dan dulunya tempat penyebaran agama Islam di Kabupaten Kuningan terumta wialyah timur Kuningan.

Menurut informasi Ohim (60 tahun) selaku tokoh masyarakat dahulu di areal makam tersebut terdapat 9 batu bentuk bulat dan 9 pohon kamboja yang menggambarkan 9 wali. Ke sembilan batu tersebut adalah tempat duduk para wali. 

Dan areal makam tesebut adalah tempat para tokoh penyebar Islam bermusyawarah. Desa tersebut pernah dikunjungi Sunan Gunung Jati beserta istinya On Tien. Makam hingga sekarang masih dikeramatkan penduduk dan sering dikunjungi peziarah.

Situs tersebut terletak di pinggir jalan desa  tepatnya disamping Masjid At-Taqwa kearah timur. Di situs ini terdapat makam Panjang atau disebut juga makam Lemah Luhur Makam ditandai 2 nisan berorientasi utara-selatan. 

Nisan bentuk pipih yang terdapat ornamen matahari dan sulur-sulur. Nisan sebelah utara patah, dan nisan sebelah selatan berukuran tinggi 37 cm, lebar 18 cm, dan tebal 5 cm. 

Jarak antar nisan 280 cm. Jirat baru dari tehel berbentuk empat persegi panjang. Di areal makam dengan luas lebih kurang 28 x 20 m hanya di tumbuhi pohon kamboja.


Nama Situs : SITUS LEMAH LUHUR

Lokasi

Alamat : RT. 07 Dusun 2

Desa/Kelurahan : Wilanegara Kecamatan : Luragung 

Kabupaten/Kota : Kuningan Provinsi : Jawa Barat

Koordinat : 07º 02’ 244” LS

  108º 37’ 587”  BT

Ketinggian, dpl  : 149 m


Deskripsi



Posting Komentar untuk "Mengenal Situs Lemah Luhur yang Pernah Dikunjungi Sunan Gunung Jati dan On Tien"