Loading...

Diskopdagperin Gelar Simulasi Pelatihan, Pencegahan, penanganan dan penyelamatan Kebakaran



 .


KUNINGAN (OKE)- Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan, pada Jumat (15/7/2022)  menggelar simulasi pelatihan, pencegahan, penanganan dan penyelamatan kebakaran.

Acara berlangsung selama 2 jam dari pukul 14.00-16.00 WIB. Lokasinya adalah di  Wisma Permata Kompleks Stadion Sepakbola Mashud Wisnusaputra. 

Acara pembukana dibuka oleh Kadiskodagperin Drs U Kusmana  MSi. Pada kesempatan itu, Kusmana  mengingatkan, perlunya adanya rasa kebersamaan dalam upaya pengelolaan pada pasar, dan juga peningkatan SDM pegawai dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. 

"Pekerjaan dalam pengelolaan pasar, sangat kompleks, sehingga perlu adanya perhatian khusus dan penghargaan kepada para pengelola kebersihan, petugas retribusi, petugas pengamanan di lingkup pasar," ujarny. 

Diperlukan sinergitas kelembagaan untuk mencegah segala bentuk kedaruratan, terutama bahaya kebakaran di objek vitas, seperti pasar baru kuningan. 

Sehingga diperlukan ada pelatihan dan kelengkapan sarana dan prasarana di setiap wilayah pasar yang ada di Kuningan.

Kusmana sendiri usai memberikan pengarahan, membuka acara sienergitas pengelolaan Pasar  Menuju  Pasar Berstandar SNI.  Sedangkan pemateri ke 2 Kabid Pengelolaan Pasar Dede Sutardi.

"Setiap pegawai di lingkup Diskopdagperind harus memiliki Integritas, Loyalitas, bekerja secara bersama-sama, menjaga kekompakan. Karena pada dasarnya bapak /ibu bekerja di sumber objek vital tempat perekonomian masyarakat kabupaten kuningan," jelasnya. 

Lebih lanjtut dikatakan, dengan sinergitas kelembagaan yang dilakukan pada kegiatan saat ini, pihaknya  mengundang UPT Damkar Satpol PP.

Tentu sebagai mitra kerja dalam upaya menjalin kemitraan melalui penyelenggaran pelatihan pencegahan kebakaran di wilayah pasar, khususnya pasar baru kuningan. Umumnya seluruh pasar yang ada di wilayah Kuningan.

"Sehebat apapun peralatan yang dimiliki, apabila SDM yang ada tidak terlatih, akan sangat tidak maksimal,: tandasnya. 

Semenatara  Pemateri II  Mh.Khadafi M. S.Pd, M.Si  membahas pembahasan Rule Model Tim K3 (Keselamatan, Kesehatan dan Kecelakaan Kerja) untuk para pengelola kegiatan pada Diskopdagperind Kuningan 

"Penjelasan Dasar Hukum tentang Pencegahan dan penanggulangan Bahaya Kebakaran di Kuningan," ujarnya. 

Leboh lanjut, praktek simulasi, pelatihan pencegahan,  penanganan kebakaran dan Penyelamatan korban Pingsan, Kebakaran bersama pegawai pengelola pasar Dinas koprasi UKM perdagangan dan perindustrian kab. Kuningan yang berlokasi di Aula Wisma Permata Kuningan  Kuningan Kec. Kuningan Kab. Kuningan .(dhn/rdk)






Posting Komentar untuk "Diskopdagperin Gelar Simulasi Pelatihan, Pencegahan, penanganan dan penyelamatan Kebakaran"