Loading...

Di Walaharcageur Ada Situs Buyut Mayang, Meski Indentitasnya Kurang Jelas Tapi Peziarah Banyak

KUNINGAN (OKE)- Pada tulisan kali ini kuninganoke.com akan membahas tentang Situs Buyut Mayang yang ada di Desa Walaharcageur Kecamatan Luragung. Di situs ini ada makam yang  sangat dikeramatan oleh warga.

Meski tidak banyak diketahui identitas makam tapi menurut Jamin warga setempat  makam di keramatkan dan masih dikunjungi peziarah. Makam ditandai 2 nisan berorientasi utara-selatan. 

Nisan bentuk pipih yang terdapat ornamen matahari dan sulur-sulur. Nisan sebelah utara dan sebelah selatan berukuran sama  tinggi 48 cm, lebar 21 cm, dan tebal 9 cm. 

Jarak antar nisan 73 cm. Jirat baru dari  semen. Di areal makam di tumbuhi pohon beringin dan berada di tanah milik Mak Nengki di tepi jalan desa. 

Di pinggir-pinggir makam terdapat tumpukan batu-batu yang di curigai berbentuk arca yang sudah tidak utuh karena patah seperti dalam gambar. Apapun sekarang kondisinya warga harus menjaga dan merawat karena bagian dari sejarah. 




Nama Situs : SITUS BUYUT MAYANG

Lokasi

Alamat

Desa/Kelurahan : Walaharcageur Kecamatan : Luragung

Kabupaten/Kota : Kuningan Provinsi : Jawa Barat  

Koordinat : 07º 02’ 471” LS

  108º 36’ 514”  BT

Ketinggian, dpl : 136 m



Posting Komentar untuk "Di Walaharcageur Ada Situs Buyut Mayang, Meski Indentitasnya Kurang Jelas Tapi Peziarah Banyak "