Loading...

Cipicung Launching Aplikasi Adinda, Penerapan Sertifikat Elektronik, dan Peresmikan Media Center


KUNINGAN (OKE) - Di bawah komando Camat Deni Hamdani SE MSi, Kecamatan Cipicung terus berbenah dan berinovasi. Selasa (26/7/2022) bertempat di kantor setempat digelar launching Aplikasi Adinda Siaga (Sapa Aspirasi Warga), Penerapan Sertifikat Elektronik berupa Tanda Tangan Elektronik (TTE), dan peresmian Media Center.

Acara yang dihadiri oleh Bupati Kuningan H Acep Purnama. Gebrakan baru ini membuktikan bahwa Camat Deni ingin membawa perubahan Cipicung ke arah lebih maju.

"Saya merasa bersyukur dan bangga atas terselenggaranya program kegiatan kini, karena program ini mendukung terselenggaranya Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) di Kuningan menuju Kuningan Smart City," ucap bupati.

Diterangkan, di era digital seperti sekarang ini, dalam upaya memberikan pelayanan yang optimal kepada publik, pemerintah harus mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dengan menerapkan sistem pemerintah berbasis elektronik. 

Dengan adanya aplikasi dan informasi desa serta Adinda Siaga maka kemudahan memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam urusan administrasi. Begitu juga diterapkannya tanda tangan SPBE, karena di mana pun bisa dilakukan tanda tangan.

Sementara itu dengan adanya media center di Kecamatan Cipicung lanjut bupati, dapat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Kemudian, diharapkan kepada perangkat pemerintah di Cipicung agar dapat mempertahankan dan meningkatkan program kegiatan ini.

Terpisah, Camat Cipicung Deni Hamdani mengatakan, berdasarkan pertaturan Presiden Nomor 95 tahun 2018 terkait penerapan pemerintah berbasis elektronik, upaya konsisten melakukan perubahan-pernah kinerja kecamatan dan dukungan oleh seluruh speakholder termasuk desa salah satunya.

"Perlu kami sampaikan bahwa untuk meningkatkan kinerja kecamatan kami melakukan berbagai langkah-langkah strategi salah satunya adalah membangun sistem aplikasi yang bisa diterapkan," jelasnya.

Salah satu aplikasinya adalah Adinda Siaga, aplikasi data informasi potensi lokal desa dan sapa aspirasi warga. 

Adapun tujuan dari aplikasi ini ingin mengedepankan bagaimana peningkatan layanan informasi dan data dapat diakses oleh seluruh warga.

"Kami juga mendukung program pencaipaian visi Kuningan untuk mewujudkan Kuningan maju makmur agamis, pinujul berbasis desa dan tentunya penekan kami bahwa desa-desa di wilayah Cipicung dapat memetakan potensi desa pinunjulnya masing-masing, baik agro, UMKM, wisata dan koperasi serta yang lainnya," jelasnya.

Jebolan Uniku ini  mengatakan,  Adinda Siaga bisa memotret seluruh potensi potensi yang ada di desa. Selain itu fitur-fitur yang dapat dikembangkan adalah adanya dan program kegiatan kecamatan adanya informasi layanan di seluruh SKPD Kabupaten Kuningan yang dapat diintegrasikan melalui link Adinda Siaga.

Selain itu, bisa juga media komunikasi sapa warga yang terintegritas akun lapor Dskominfo Kabuapaten Kuningan sehingga masyarakat secara langsung bisa mengakses halaman web tersebut. 

"Karena kami sudah MoU pemanfaatan Adinda Siaga dengan SKPD terkait termasuk Diskominfo kabupten bahwa Adinda Siaga diharapkan dapat menjadi subdomain di posting oleh website Kabupaten Kuningan yaitu kuningankab.go.id," jelasnya. (dhn/rdk)


Posting Komentar untuk " Cipicung Launching Aplikasi Adinda, Penerapan Sertifikat Elektronik, dan Peresmikan Media Center"