Loading...

2 Tahun Vakum, Seren Taun Kembali Digelar, Bupati Berikan Pujian

KUNINGAN (OKE)- Vakum dua tahun karena adanya pandemi, akhirnya digelar tradisi Seren Taun Kembali di Cigugur. Upacara puncak sendiri digelar pada Jumat (22/7/2022) dan selalu dilakukan pada tanggal 22 Rayagung 1955 Saka.

Upacara Seren Taun merupakan ungakapn syukuran dari warga atas hasil panen dan dilakukan di halaman Paseban Tri Panca Tunggal Cigugur. Ribuan warga ikut menyaksian acara yang 2 tahun tidak digelar.

Bukan hanya warga lokal tapi juga berasal dari berbagai wilayah Indonesia. Bahkan, wisawatan manca negara pun ikut hadir karena memang terbilang langka.  

Semua hasil pertanian di tunjukan kepada masyarakat luas dengan cara diarak dan warga sendiri cukup senang. Karena ada upacara jalan pun ditutup agar tidak menganggu prosesi.  

Pada upacara puncak tampak hadir istri Gusdur yang juga mantan Presiden RI yakni Sinta Nuriyah Wahid, Wagub Jabar H Uu Ruzhanul Ulum, Anggota DPR RI Ono Surono, Dedi Mulyadi.

Sementara dari Kuningan hadir Bupati Kuningan H Acep Purnama, Wabup Kuningan HM Ridho Suganda, Danrem, Kapolres Kuninga AKPB Dhany Aryanda, Bupati Tasikmalaya, Cecep Nurul Yakin, Sekda Kuninga Dr Dian Rachmat Yanuar MSi, hadir juga undangan dari 12 provinsi.

Pada acara puncak tamu undangan disuguhi berbagai kesenian yakni Paduan Suara Anak Bangsa, Tari Jampang Apsari, Angklung Buncis, Angklung Kanekes, Tari Buyung, Helaran Memeron, Ngajayak dll.

Dalam kegiatan Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum tersebut, menambahkan bahwa dengan banyaknya budaya di Jawa Barat ini akan mempererat persatuan dan kesatuan. 

“Semakin paham budaya daerah, semakin cinta terhadap daerah. Semakin tau dan semakin cinta, oleh karena itu kegiatan seperti ini patut dilestarikan dan juga perlu diperhatikan untuk lebih memasyarakat lagi agar masyarakat lebih cinta budaya daerah” tutur Uu Ruzhanul Ulum.

Masih dalam kesempatan yang sama Bupati Acep mengatakan, gelaran Seren Taun kali ini sangat meriah sekali, mungkin karena 2 tahun vakum.

"Saya melihat seren taun kali ini banyak yang hal baru dan innovasi termasuk tema yang diusung Merawat, Meruwat, Pusaka Budaya Nusantara. Mudah-mudahan mengandung makna bisa terbangungnya soliditas persatuan dan kesatuan seluruh nusantara tercinta.

Ketua Umum Seren Taun Ratu Juwita Djitikusumah , kegiatan tahun 2021 merupakan seren tahun ke 100 tahun atau 1 abad. syukur acara berjalan lancar. (dhn/rdk)


Posting Komentar untuk "2 Tahun Vakum, Seren Taun Kembali Digelar, Bupati Berikan Pujian "