Loading...

Korsleting Listrik, Rumah, Motor, Laptop dan 20 Ponsel Ludes Terbakar

KUNINGAN (OKE)- Insiden kebakaran hebat terjadi di Rt 21/ 05 dusun 3 Desa Citenjo Kecamatan  Cibingbin pada Selasa (17/5/2022)  pukul 06.30 WIB. Rumah yang merangkap tempat usaha yang dihuni dua keluarga itu diduga terbakar karena korsleting listrik. 

Dahsyatnya kobaran  api yang membakar rumah   Sutina (Alm) / Ibu Cawini (57) yang dihuni oleh 4 orang ( 2 kepala keluarga) terdiri dari ibu Cawini (57) orang tua korban,  Sidik Kurnia  (27), Ibu Elis Setiawati (25) dan anaknya  Aidar (2) ludes seketika.

Akibat kebakaran itu, kerugian mencapai  -+ Rp. 214.200.000. Besar kerugian karena yang terbakar adalah  bangunan 6 m x 9 m = 54 m² @ Rp. 2.500.000/m²: -+Rp135 juta,Motor Blead th 2014: -+ Rp5 juta, Uang tunai: -+ Rp2 juta

Kemudian, handphone Servisan milik pelanggan sebanyak 20 unit, laptop beserta alat-alat service Handphone: -+ Rp. 30 juta,  Resifolver Depot Air Minum: -+ Rp. 16. juta, - Gabah (padi) 200kg: Rp. 1.200.000, Emas Muda 8gr: -+ Rp4 juta.

Selain itu  surat-surat berharga : Sertifikat Rumah, KTP, ijasah, STNK kendaraan bermotor, dll. Bahkan sofa, kasur, dispenser, dan Alat-alat rumah tangga ikut terbakar dengan taksiran : -+ Rp21 juta  dan berkas-berkas penting lainya. 

Menurut Kepala UPT Damkar Kuningan Khadafi Mufti,  dari keterangan saksi  Kades Citenjo Didi Sudiana pada pukul 06.20 WIB pemilik rumah ibu Cawini  sedang mengajak cucunya yang bernama Aidar (2) jajan keluar dan anaknya yang bernama Elis Setiawati (25 th) sedang mengantarkan pengantin.

Selang beberapa menit Pada pukul 06.30 WIB  ( 10 menit setelah penghuni rumah keluar),  tetangga korban Ibu Sindia Safitri (35 th) melihat kepulan asap disertai suara ledakan dari dalam rumah. Kemudian saksi keluar rumah untuk melihat sumber ledakan. 

Saksi melihat KWH Rumah milik ibu Cawini terbakar dan juga ruangan kamar terbakar. Kemudian saksi  berteriak meminta pertolongan dari tetangga sekitar. 

Selanjutnya  pada pukul 07.05 wib ( 35 menit setelah kejadian awal kebakaran ) Ibu Sindia Safitri (saksi) melaporkan kejadian kebakaran  ke Kantor UPT Pemadam Kebakaran  (0232) 871113. 

Pada pukul 07.05  WIB , 6 anggota Damkar dari  regu 2 piket dan 1 Randis Damkar  langsung berangkat menuju TKP dengan menggunakan R.4  dan tiba di lokasi pukul 07.35  Wib setelah tiba di lokasi petugas Damkar langsung melakukan pemadaman dengan dibantu 3 Anggota Polsek Cibingbin, 2 Anggota Satpol-PP BKO Cibingbin dan  Kasi Trantib Kec. Cibingbin serta aparat Desa dan Warga masyarakat Desa Citenjo

Api berhasil dipadamkan pukul 09.30 (1 Jam 45 menit),sumber kebakaran diduga dari korsleting listrik dari dalam rumah. Setelah selesai pemadaman anggota berusaha mencari sisa barang berharga, dan masih ditemukan cincin emas,  kalung  dll. 

"Lambatnya laporan kejadian kebakaran, ada jelang waktu 35 menit setelah kejadian awal kebakaran menjadi penyebab Damkar tidak bisa maksimal menyelamatkan kebakaran," ujarnya

Selain itu, jarak antara Kantor Damkar Kuningan Dengan TKP, sangat jauh, sehingga diperlukan pembentukan kantor Layanan Damkar terdekat. Lalu, terbatasnya sumber air  dan terakhir di lokasi kebakaran yang dijadikan tempat usaha, tidak di pasang Alat proteksi kebakaran (Minimal / Apar). (dhn/rdk 



Posting Komentar untuk "Korsleting Listrik, Rumah, Motor, Laptop dan 20 Ponsel Ludes Terbakar"