Loading...

Milangkala ke 71, Desa Setianegara Gelar Tari Bongsang dan Seren Cai Kahuripan

 

KUNINGAN (OKE)-  Tidak ada yang sebahagia warga Desa Setianegara Kecamatan Cilimus. Pasalnya, pada Kamis (3/3/2022) mereka menggelar syukuran Milad ke 71 Desa Setianegara.

Pada perayaan itu ditampilkan tari bongsang ketika menyambut Bupati Kuningan H Acep Purnama dan juga tamu undangan lainnya.

Ada yang unik dari tari ini yakni setiap penari membawa kantong bungsang yang terbuat dari plastik. Kantong Bongsang ini selama sering digunakan ketika belanja ke pasar atau ke ladang.

Makna dari tari bongsang itu adalah symbol jati diri warga Setianegara uan dikenal sebagai penghasil cengkeh. 

Mereka tidak ingin melupakan sejarah sehingga tari ini selalu ditampil pada setiap milad. Penari yang ditampilakan adalah gadis setempat.

Kantong bongsang sendiri digendong dan didalam diisi daun cengkeh. Syukuran ini juga yang paling penting adalah sebagai wujud syukur kepada Allah.

Kemudian  juga tanda terima kasih kepada para pendahulu atas amal sholeh untuk kemajuan desa. 

Sementara itu, Kades Setianegara Hj Nani Sumarni mengatakan, mlilangkala desa merupakan bentuk rasa cinta dan rasa memiliki terhadap desa.

“ Disini kita harus mengenal sejarah yang merupakan untaian peristiwa penuh makna dan hikmah. Begitu juga banyak nilai-nilai yang kita ambil dari helaran yang tadi yakni tari bongsang dan seren cai kahuripan,” jelasnya.

Ditempat yang sama Bupati Kuningan H Acep Purnama menyampaikan apersiasi dengan adanya kegiatan milangkala. 

Hal ini sebagai bentuk kepedulian dan kecintaan budaya Sunda dengan adanya kolaborsi musik degung, rebana, musik modern dengan iringan tari bongsang  serta pergelaran wayang golek.(dhn/rdk)


Posting Komentar untuk "Milangkala ke 71, Desa Setianegara Gelar Tari Bongsang dan Seren Cai Kahuripan"