Loading...

Lantik 32 UPZ PGRI Cabang Kecamatan , Baznas Sebut Pendapatan Zakat, Infak, Sedekah Naik Jadi Rp5 Miliar

 


KUNINGAN (OKE)- Untuk MeningkatkAn efektivitas penghimpunan zakat, infak, dan sedekah oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kuningan, mengukuhkan 32 personalia Unit Pengumpul Zakat (UPZ) PGRI Cabang Kecamatan se- Kabupaten Kuningan.

Kegiatan pengukuhan ini digelar Senin (14/2/2022) Aula Purbawisesa Setda Kuningan oleh Ketua Baznas Kuningan Drs H R Yayan Sofyan MM.

Kegiatan  disaksikan langsung oleh Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kuningan, Drs H Uca Somantri MSi.

Hadir juga  Ketua PGRI Kuningan H Pipin Mansur Aripin, M.Pd dan tamu lainnya. UPZ yang dilantik adalah masa bahkti 2022-2027.

Ketua Baznas Kuningan Drs H R Yayan Sofyan MM melaporkan  Penghimpunan Dana ZIS (Zakat, Infak dan Sedekah) Baznas Kuningan Pada tahun ini naik di angkat Rp5 miliar yang sebelumnya hanya sekitar 4 miliar.

“Kenaikan ini adalaj berkat adanya surat edaran No 1 Bupati kuningan, tentang optimalisasi penghimpunan zakat, Infaq dan Sedekah,” jelasnhya.

 Diterangkan, mereka yang dilantik itu ditugaskan oleh pemerintah untuk mengurus ZIS di Kecamatan, yang sah secara Undang-Undang, sah secara Syari dan sah Secara NKRI. 

Yayan mengatakan, pengukuhan UPZ ini sebagai upaya mendekatkan layanan zakat kepada masyarakat. Diharapkan dengan di bentuknya UPZ ini mempermudah dalam pengumpulan dan pendistribusian zakat supaya tepat sasaran sesuai dengan syariat.

Sementara itu, bupati sangat mengapresiasi atas terbentuknya UPZ PGRI Cabang Kecamatan Se-Kabupaten Kuningan. Melalui UPZ ini diharapkan zakat yang dikumpulkan dapat dikoordinir dengan baik. Kemudian, diharapkan potensi zakat yang terkumpul meningkat.

“UPZ berperan dalam upaya memberikan pemahaman kepada khalayak terkait pentingnya membayar zakat satu pintu yakni melalui UPZ yang sudah di bentuk sekarang khususnya di lingkup Pendidikan,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua PGRI Kuningan H Pipin Mansur Aripin mengatakan,  hal yang sangat membahagiakan hari ini bahwa komitmen  untuk membantu dan membangun Kuningan bersama pemerintah daerah dan organisasi mitra yaitu Baznas Kabupaten Kuningan sudah terlaksana. 

"Saya yakin saudara-saudara akan dapat melaksanakan tugas dan kewajiban sesuai dengan rasa keterpanggilan dan pengabdian, sebagaimana kepercayaan yang diamanatkan oleh Baznas Kabupaten Kuningan” Ucap Pipin

Acara pelantikan yang berlangsung khidmat tersebut , dimulai dengan pembacaan SK. Kemudian Pelantikan yang di pimpinan langsung oleh Ketua Bazanas Kuningan disaksikan oleh Bupati Kuningan.

Selain itu Kepala Dinas Pendidikan Kuningan, yang kemudian dipungkas dengan acara Pembinaan oleh Komisoner Baznas Bidang Pendistribusian H Yusron Kholid MSI dan Komisioner Bazans Bidang Penghimpunan KH Aang Asyari LC MSI. (dhn/rdk)


Posting Komentar untuk "Lantik 32 UPZ PGRI Cabang Kecamatan , Baznas Sebut Pendapatan Zakat, Infak, Sedekah Naik Jadi Rp5 Miliar "