Loading...

Kera di Karangtawang Sudah Berkeloni Sejak Lama , Nyerang Warga Karena Sumber Makanan Tidak Ada


KUNINGAN (OKE)- Pasca hari pertama gagal menemukan rombongan monyet yang meyerang warga di  Desa Karangtawang Kecamatan Kuningan. Seperti diketahui di Di  tersebut dua dua dusun di serang kera.

Kawanan kera itu menurut Kepala UPT Damkar Kuningan Khadafi Mufti datang ke pemukiman warga. Kemudian melakukan pengrusakan 1 unit bangunan Mushola ( momolo muslola, genting dan atap). 

Selanjtunya, 1 Unit Kandang Ternak milik warga ( telur ayam, dan atap bangunan kandang), 5 unit rumah (genting dan atap dirusak), 1 unit warung kecil (mengambil barang dagangan dan mengacak_acak isi warung/barang dagangan) .

"Kera juga mencoba menyerang /warga yang lewat. Adapun lokasi atau sasaran yang dikunjungi monyet tersebut Dusun Pasawahan RT.009 RW.001 dan Dusun Babakan RT.13,14,15,16,17,18, hingga 20

Pihak Damkar mendapatkan laporan dari Kades Karangtawang Jaja Suharja. Adapun upaya yang dilakukan adalah tindakan pencarian dan penelusuran serta mitigasi terhadap keberadaan kera tersebut.

Hasil mitigasi pada hari kedua Sabtu mulai 07.45 WIB s/d 11.30 WIB ( +- 4 Jam 30 menit)  adalah  koloni hewan  jenis kera ekor panjang (macaca Pascicularis), sudah berkumpul dan berkoloni sejak lama dilokasi  tersebut

Baik itu  Blok Pasawahan, Blok babakan cikondang,  blok babakan tembing, babakan pojok Desa Karangtawang Kecamatan/Kabupaten  Kuningan 

Setelah dilakukan pembersihan tempat pembuangan sampah di blok Babakan Cikondang dan Blok Babakan Pojok (Program Desa Bersih) koloni kera liar mulai melakukan pencarian makanan, memasuki pemukiman warga dan melakukan pengerusakan. 

Alanisis sementara hilangnya sumber potensi makanan dan berkurangnya sumber makanan hewan akibat cuaca. 

Khadafi menyebutkann, adapun sebaran hewan kera dimaksud berasal dari arah  sebelah utara Hutan  Paralayang / blok desa/kelurahan citangt dengan luas sebaran  hutan +- 20 Hektar . 

Sebelah timur hutan di seputaran wilayah Desa Lengkong/Desa Tembong, jumlah koloni  kera liar  ada  +- 100 ekor. 

"Mitigasi hari ke 2, dilakukan sosialisasi dan  pemasangan pengusir monyet /kera  dengan menggunakan bahan-bahan bebauan ( kamper barus & terasi yang dicampur ) untuk di gantung disekitaran  tempat-tempat yang sering disinggahi hewan kera," jelasnya.

Selain itu juga   menggunakan bahan_bahan yang bisa menimbulan ledakan suara dari bahan campuran Karbit dan air. 

UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan , menyarankan kepada Pihak Aparat Pemerintahan Desa Karangtawang, warga masyarakat setempat untuk memonitor perkembangan hewan kera.

Hal ini setelah dipasangnya bebauan (terasi dan kamper) yang sudah dipasang, dan menggatinya setiap 4 hari sekali.

Kemudiam  juga menggunakan campuran bahan karbit dan air untuk dibunyikan pada titik_titik berkumpulnya kera ekor liar. 

Diterangkan, UPT Damkar Satpol PP Kuningan, menyerahkan baha-bahan pengusir monyet kepada Aparat Pemerintahan Desa Karangtawang sebagai berikut  terasi sebanyak 10 Bukus, kamper 4 Bukus, kain, tali rapia, 5 kg Karbit, dan 20 botol minetal bekas. 

Bahan -bahan itu ntuk diracik sendiri oleh Apara Pemerintahan Desa disebarkan ke warga masyarakat.

Untuk di tempatkan pada wilayah sebaran monyet. Agar monyet/kera tidak merusak bangunan/tanaman milik warga masyarakat sekitar. 

Dengan Catatan  apabila akan menggunakan bahan_bahan seperti karbit, Kepala Desa,menugaskan aparat  Pemerintahan Desa Karangtawang serta melibatkan Limas  RT/RW Dan melakukan Pemberitahuan terlebih dahulau kepada warga masyarakat setempat. Karena bunyi suara dari bahan campuran karibit dan air sangat keras. 

Pada kesempatan itu disepakati bahwa  UPT Damkar Meminta waktu sampai dengan 7 hari kedepan.

Hal ini terhitung mulai hari Sabtu tanggal 5 Februari 2022-Sabtu 11 Februari 2022, untuk memonitoring terhadap  itigasi hewan yang dilakukan oleh  Aparat Pemerintahan Desa karangtawang. Dengan cara dan bahan yang sudah diberikan.

Pihak Polsek Kuningan, merekomendasikanagar Pihak Pemdes Karangtawang segera melakukan Rapat Koordinasi tentang bahan tindak lanjutan yang disampaikan kepada Pihak Kecamatan Kuningan dan pihak terkait lainny.

Apabila gangguan Hewan kera liar dimaksud semakin meresahkan. Rapat koordinasi agar dilaksanakan pada hari senin 7 Februari 2022 bertempat di Kantor Pemerintahan Desa Karangtawang. 

Kepada warga  sekitar sebaran monyet agar membantu pihak aparat pemerintahan desa karangtwang, secara bersama-sama untuk melakukan pencegahan.

Hal itu  aga monyet tidak kembali merusak bangunan, dan tidak boleh melukai monyet, tidak boleh memberi makan monyet. Patuhi apa yang sudah di sampaikan oleh Pihak aparat Desa setempat. (dhn)



Posting Komentar untuk "Kera di Karangtawang Sudah Berkeloni Sejak Lama , Nyerang Warga Karena Sumber Makanan Tidak Ada"