Loading...

Embun Pagi: Waspadalah Mengikuti Sunah Zahyudi dan Nasrani Diantaranya Valentine

KUNINGAN (OKE)- Waspada Mengikuti Sunah Zahudi dan Nasrani Diantaranya Valentine


وعَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيّ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللّهِ صلى الله عليه وسلم "لَتَتّبِعُنّ سَنَنَ الّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ. شِبْراً بِشِبْرٍ، وَذِرَاعاً بِذِرَاعٍ. حَتّىَ لَوْ دَخَلُوا فِي جُحْرِ ضَبَ لاَتّبَعْتُمُوهُمْ" قُلْنَا: يَا رَسُولَ اللّهِ آلْيَهُودُ وَالنّصَارَىَ؟ قَالَ "فَمَنْ؟".[البخارى..ك..الاعتصام.. ومسلم ..ك..العلم.. باب اتباع سنن اليهود والنصارى].


Dari Abu Said Al-Hudri berkata: Bersabda Rasulullah saw:(kalau kamu tidak waspada) Sungguh kamu sekalian pasti akan mengikuti kebiasaan orang-orang sebelum kamu sekalian sejengkal demi sejengkal, sehasta demi sehasta, sehingga mereka masuk kelobang biyawakpun kamu ikuti. Berkata para sahabat: Apakah itu orang-orang Yahudi dan Nasrani ya Rasulullah?

Jawab Nabi:" Siapa lagi kalau bukan mereka."(Hr Bukhori.. k.. Al-I'tisom dan Hr Muslim ..k..al-ilmu bab mengikuti kebiasaan Yahudi dan Nasrani)

Pelajaran yang terdapat dalam hadist:

1- Umat islam adalah umat yang independen( mustaqil), punya jatidiri.

2- Agama Islam telah melarang kita meniru-niru orang kafir (baca: tasyabbuh). Larangan ini terdapat dalam berbagai ayat, juga dapat ditemukan dalam beberapa sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan hal ini juga merupakan kesepakatan para ulama (baca: ijma’). Inilah yang disebutkan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam kitab beliau Iqtidho’ Ash Shiroth Al Mustaqim  (Ta’liq: Dr. Nashir bin ‘Abdil Karim Al ‘Aql, terbitan Wizarotusy Syu’un Al Islamiyah).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam  memerintahkan agar kita menyelisihi orang Yahudi dan Nashrani.Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ

“Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk bagian dari mereka.” (HR. Ahmad dan Abu Dawud. Syaikhul Islam dalam Iqtidho’ [hal. 1/269] mengatakan bahwa sanad hadits ini jayid/bagus. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaiman dalam Irwa’ul Gholil no. 1269).

3- Contoh-contoh kebiasaan mereka (orang Yahudi dan Nasrani)yang banyak ditiru oleh orang islam diantaranya:

a- Merayakan tahun baru

b- Merayakan ulang tahun

c- Valentine

d- Resepsi dengan cara ihtilath( campur aduk laki-laki dan perempuan

e-Tukar cincin

f- Pacaran/ pergaulan bebas

g-Pakean yang mengumbar aurat.

Dan masih banyak lagi....


Tema hadist yang berkaitan dengan Al-Quran:


1- Pentingnya mengikuti sunah Nabi


وَأَنَّ هَٰذَا صِرَاطِي مُسْتَقِيمًا فَاتَّبِعُوهُ ۖ وَلَا تَتَّبِعُوا السُّبُلَ فَتَفَرَّقَ بِكُمْ عَنْ سَبِيلِهِ ۚ ذَٰلِكُمْ وَصَّاكُمْ بِهِ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ


Dan bahwa (yang Kami perintahkan ini) adalah jalan-Ku yang lurus, maka ikutilah dia, dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan itu mencerai beraikan kamu dari jalan-Nya. Yang demikian itu diperintahkan Allah agar kamu bertakwa.

[Surat Al-Anaam : 153]


2- Ancaman bagi mereka yang mengikuti kebiasaan/sunah mereka


كَالَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ كَانُوا أَشَدَّ مِنْكُمْ قُوَّةً وَأَكْثَرَ أَمْوَالًا وَأَوْلَادًا فَاسْتَمْتَعُوا بِخَلَاقِهِمْ فَاسْتَمْتَعْتُمْ بِخَلَاقِكُمْ كَمَا اسْتَمْتَعَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ بِخَلَاقِهِمْ وَخُضْتُمْ كَالَّذِي خَاضُوا ۚ أُولَٰئِكَ حَبِطَتْ أَعْمَالُهُمْ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ ۖ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْخَاسِرُونَ


(keadaan kamu hai orang-orang munafik dan musyrikin) adalah seperti keadaan orang-orang sebelum kamu, mereka lebih kuat daripada kamu, dan lebih banyak harta dan anak-anaknya dari kamu. Maka mereka telah menikmati bagian mereka, dan kamu telah menikmati bagian kamu sebagaimana orang-orang yang sebelummu menikmati bagiannya, dan kamu mempercakapkan (hal yang batil) sebagaimana mereka mempercakapkannya. Mereka itu amalannya menjadi sia-sia di dunia dan di akhirat; dan mereka itulah orang-orang yang merugi.

[Surat At-Tawba : 69]...

Posting Komentar untuk "Embun Pagi: Waspadalah Mengikuti Sunah Zahyudi dan Nasrani Diantaranya Valentine"