Loading...

Embun Pagi : Tak Akan Sanggup Engkau Menghitung Nikmat Allah

KUNININGAN (OKE) - Tak terhitung begitu banyak Nikmat yang Allah berikan kepada hambanya, tetapi Tuhan paling sering sekali manusia bahkan justru durhaka kepada Allah.

Namun meskipun demikian, Allah dengan Rahman-Nya tetap saja memberikan nikmat dan kesempatan kepada kita yang berdosa agar bertaubat.

Allah Ta'ala berfirman :


ا اللَّهِ لَا ا الْإِنْسَانَ لَظَلُومٌ ارٌ


“Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, mungkin kamu dapat menghinggakannya. Sesungguhnya manusia itu, sangat zalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah).” (QS. Ibrahim: 34)

Dalam ayat yang lain Allah Ta'ala jg berfirman:


ا الل لَا ا اللَّهَ لَغَفُورٌ

“Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, kamu tidak dapat menentukan jumlah. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. An Nahl: 18).

Yang dimaksud dengan ayat ini disebutkan dalam Tafsir Al Jalalain (hal. 278), “Jika kalian tidak mampu menghitungnya, lebih-lebih untuk mensyukuri semuanya. Namun kekurangan dan kedurhakaan kalian masih Allah maafkan (bagi yang mau bertaubat, -pen), Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Ibnu Katsir juga menjelaskan dalam kitab tafsirnya (4:675), “Allah benar-benar memaafkan kalian. Jika kalian tidak bisa mensyukuri semua nikmat yang Allah beri, tentu kalian tidak mampu mensyukurinya. Jika kalian diperintah untuk mensyukuri seluruh nikmat tersebut, tentu tidak mampu dan bahkan tidak untuk kalian bersyukur. Jika Allah mau menyiksa, tentu bisa dan itu bukan tanda Allah itu zholim. Akan tetapi, Allah masih mengampuni dan kalian. Allah memaafkan yang banyak lagi memaafkan bentuk syukur kalian yang sedikit.”

Subhanallah... sungguh begitu begitu Tuhan kepada hambanya, lalu tidakkah kita merasa malu jika nikmat-nikmat yang Allah berikan ini terus kita pergunakan untuk maksiat ?

Semoga hal ini menjadi renungan kita semua, karena kelak semua nikmat yang Allah berikan akan ditanya.


✍ Habibie Quotes, 01/02/22



  ️🌹🍃🌸🌴


Posting Komentar untuk "Embun Pagi : Tak Akan Sanggup Engkau Menghitung Nikmat Allah"