Loading...

Awasi Habituasi Macan Tutul Jawa, Tiga CCTV Dipasang di Kandang

KUNINGAN (OKE)- Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) menggandeng dua mitra Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) yakni Kebun Binatang Gembira Loka, Yogyakarta dan Pusat Penyelamatan Satwa Cikananga (PPSC) dalam pemasangan kamera pengawas atau CCTV di kandang habituasi Rasi, Macan Tutul Jawa (Panthera pardus) kemarin (28/1/2022).

"Ada tiga CCTV. Satu dipasang di kandang pemberian pakan. Sementara dua lagi berada di atas kandang habituasi," kata Kepala Balai TNGC, Teguh Setiawan.

Hal ini dibenarkan Manager Kebun Binatang Gembira Loka, Vanda. "Iya ada tiga CCTV yang memantau aktivitas Rasi. Kamera tersebut kami desain sedemikian rupa sehingga aman dari gangguan cuaca," katanya.

Staf PPSC, Kang Cahyono menambahkan, "Operasional kamera pengawas ini menggunakan tenaga 'silence genset' sehingga tak mengganggu kenyamanan Rasi maupun satwa liar sekitarnya".

Keberadaan CCTV, maka pengamatan dan pengawasan Rasi dapat dilakukan dari jarak jauh.

"Dengan teknologi ini kami bisa memantau Rasi selama 24 jam tanpa perlu melakukan kontak langsung sehingga ia bisa cepat menyesuaikan diri dengan habitat di gunung Ciremai," tutup koordinator tim Macan Tutul Jawa, Robi Gumilang.

Rasi adalah nama Macan Tutul Jawa berjenis kelamin betina yang disediakan sebagai pasangan Macan Tutul Jawa Slamet Ramadhan yang dua tahun lalu dilepasliarkan. (sc: gunung_ciremai) 

Posting Komentar untuk "Awasi Habituasi Macan Tutul Jawa, Tiga CCTV Dipasang di Kandang"