Loading...

Mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya Akan Bantu 117 UMKM dari 19 Kecamatan di Kabupaten Kuningan

KUNINGAN (OKE) - Bupati Kuningan H. Acep Purnama SH.,MH Ikuti Vidcon Pelepasan Mahasiswa Program Community Development 2022 Universitas Prasetiya Mulya via Zoom Meet di dampingi  Ir Usep Sumirat Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Kuningan bertempat di Ruang Kerja Bupati, Selasa (25/01/2022).

Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM RI dalam vidcon tersebut mengatakan, saya sangat mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini sebagai bentuk dukungan Universitas Prasetiya Mulya dalam rangka menumbuhkembangkan kewirausahaan dan terus berupaya membangun generasi unggul berwawasan bisnis dan teknologi serta mempersiapkan calon entrepreneur untuk terjun dan memberikan dampak kepada masyarakat di sekitar utamanya kepada para pelaku UMKM di Kabupaten Kuningan dengan Program Community Development 2022.

Kemudian selanjutnya Bupati menyampaikan dalam sambutannya, dengan tulus hati saya sampaikan bahwa kami sangat senang dengan hadirnya para mahasiswa di Kabupaten Kuningan yang akan mendampingi Pelaku UMKM dari bulan februari s.d. juni 2022 di Kabupaten Kuningan dalam Comdev 2022 fokus untuk Kabupaten Kuningan walaupun secara online. 

Dikatakan Bupati, Peran Universitas Prasetiya Mulya dalam membantu Pemerintah Kabupaten Kuningan dalam memberikan pendampingan dan pembinaan untuk peningkatan kompetensi sumber daya manusia bagi koperasi, usaha mikro kecil dan menengah untuk memberikan bantuan dan dukungan keberpihakan dalam pengembangan pemberdayaan koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah.

“Saya berharap dengan adanya program Comdev 2022 bagi Pelaku UMKM ini mempunyai manfaat yang besar. melalui kegiatan ini pemerintah berkomitmen dan hadir mengoptimalkan konsep Pentahelix dalam pembangunan daerah khususnya membangun ekonomi kerakyatan” tutur Bupati. 

Lanjut Bupati, melalui sinergitas program pemberdayaan UMKM yang mendapatkan fasilitasi ini akan sangat terbantu dalam menjalankan usahanya mulai dari hulu sampai hilir.

“Saya ucapkan terima kasih kepada jajaran universitas prasetiya mulya yang telah bekerjasama dengan pemerintah kabupaten kuningan melalui dinas koperasi ukm perdagangan dan perindustrian dalam pendampingan kepada 217 pelaku usaha di 19 kecamatan di kabupaten kuningan dapat menikmati program tersebut. besar harapan kami ini adalah menjadi upaya bagi pemulihan ekonomi pada masa pandemi covid-19, dalam arti dapat meningkatkan kesejahteraan dan membangun ekonomi kerakyatan. komitmen pemerintah kabupaten kuningan akan terus hadir mensupport UMKM agar mampu meningkatkan daya saing dan siap menuju pasar global” jelas Bupati.

Selain itu dikatakan Bupati Acep, Kepada para penggiat UMKM mitra Comdev 2022, saya mengharapkan agar dapat benar-benar memanfaatkan Comdev ini, semoga allah meridhoi langkah kita. ke depan harapannya masyarakat kabupaten kuningan khususnya pelaku usaha yang masih kesulitan mampu tumbuh, berkembang, tangguh dan mandiri untuk mewujudkan cita-cita bersama menuju kabupaten kuningan maju.

“sekali lagi, kami sangat mengapresiasi setiap bentuk usaha dan kerja keras dosen pembimbing serta mahasiswa dalam merencanakan program-program yang akan dilaksanakan. semoga apa yang akan dilakukan untuk membantu UMKM di kabupaten kuningan bisa menjadi sebuah pelajaran dan bekal adik-adik mahasiswa di masa depan” ungkap Bupati.

Kadiskopdagperin U. Kusmana, S.Sos, M.Si. menambahkan untuk diketahui, pada 2 tahun sebelumnya Comdev tersebut tidak full di laksanakan di Kabupaten Kuningan. 

"Tahun lalu di kuningan hanya 50 UMKM yang didampingi. Atas permintaan Pemerintah  Kabupaten Kuningan melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah, Perdagangan Dan Perindustrian Kabupaten Kuningan (DISKOPDAGPERIN) akhirnya Comdev 2022 dilaksanakan Full di Kuningan dalam pendampingan kepada 117 UMKM yang tersebar di 19 Kecamatan di Kabupaten Kuningan” Ujarnya. 

Pada Vidcon tersebut Danang Yudha Prakasa, MM, Manager Pusat Pengembangan Usaha Kecil (PPUK) Universitas Prasetiya Mulya,  menjelaskan Program Comdev adalah program revitalisasi KKN  yang berfokus pada pengembangan UMKM yang ada di indonesia, Program Comdev sendiri ada tiga aktivitas utama yang dijalankan, yang pertama adalah kapasitas manajerial yang terdiri dari pemasaran, keuangan, operasional dan sumber daya manusia bagi pelaku UKM.

Kemudian menurutnya, yang kedua kita bangunkan network dan ekosistem terhadap UMKM tersebut di satu wilayah, yang ketiga kita buatkan satu aktivitas yaitu satu pesta rakyat sebagai aktivasi untuk menunjukan hasil kerja keras mereka selama program Comdev berlangsung.

Fathony Rahman, DBA, dekan sekolah bisnis & ekonomi universitas Prasetiya Mulya, menambahkan, Community Development adalah wahana bagi mahasiswa di universitas Prasetiya Mulya untuk mengimplementasikan konsep yang kami sebut collaborative learning by enterprising, collaborative learning karena mereka berada dalam satu kelompok bersama rekan-rekan mereka mencoba mengangkat isu-isu di usaha kecil dan menengahmenengah. 

Kemudian, mereka juga mendapatkan kesempatan untuk mengimplementasikan teori-teori yang mereka dapat di kelas  ke dalam praktek yang ada di lapangan dan tentunya pemahaman tentang kondisi UKM ini khususnya di indonesia akan sangat membantu pemahaman mereka mengenai bisnis itu sendiri dan pada akhirnya nanti kami berharap ini akan membantu wawasan kebangsaan mahasiswa Prasetiya Mulya yang peduli dengan sesama dan membangun indonesia.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan pandemi Covid-19, seluruh rangkaian program Comdev di tahun 2022 ini dilaksanakan secara daring. Meskipun dilaksanakan secara daring, diharapkan tujuan dari adanya program Comdev untuk membangun ekosistem kewirausahaan dan pengembangan UMKM melalui mahasiswa, tetap dapat terwujud. Tahun ini program Comdev melibatkan sebanyak 117 mitra UMKM dan 20 SMK yang tersebar di beberapa di wilayah Jawa Barat.

Program bernama Community Development (Comdev). Program ini berupa program KKN berbasis kewirausahaan, dimana mahasiswa akan secara langsung terlibat dalam proses pengembangan bisnis mitra UMKM yang berada di wilayah tertentu. 

Biasanya, mahasiswa akan tinggal bersama mitra UMKM selama satu bulan penuh, untuk mengajarkan manajemen bisnis yang telah mereka dapatkan selama di kampus, sekaligus belajar cara mengelola bisnis dari UMKM.

Program Comdev sudah sejak lama diinisiasi oleh Universitas Prasetiya Mulya sebagai salah satu Program unggulan Yayasan dalam mencoba untuk berkontribusi kepada bangsa dan negara. Program Comdev sederhananya seperti KKN mahasiswa, dengan pembedanya adalah bagaimana pendampingan kewirausahaan itu dibangun dengan pendekatan konteks sesuai kebutuhan mitra. Pendampingan yang dilakukan dengan lintas keahlian, ditambah dengan pentingnya meletakkan intensitas dalam pendampingan untuk memberikan kesan yang komprehensif namun tetap mendalam.

Kegiatan Vidcon via Zoom Meet tersebut dihadiri oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI  Drs. Teten Masduki, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemdikbud & Ristek Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D. , Dekan Sekolah Bisnis & Ekonomi  Universitas Prasetiya Mulya Fathony Rahman, DBA, Rektor Universitas Prasetiya Mulya Prof. Dr. Djisman S Simandjuntak serta para mahasiswa dan mahasiswi Universitas Prasetiya Mulya. (dhn) 

Posting Komentar untuk "Mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya Akan Bantu 117 UMKM dari 19 Kecamatan di Kabupaten Kuningan"