Loading...

Unggul dalam Pengembangan UMKM Lokal, Kuningan Raih Penghargaan Natamukti Award

KUNINGAN (OKE) - Upaya serius Pemerintah Kabupaten Kuningan dalam memajukan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) telah memperoleh apresiasi dari berbagai pihak.

Salah satu apresiasi tersebut adalah dalam bentuk pemenangan PENGHARGAAN NATAMUKTI 2021 yang diserahkan secara virtual (Online) kepada Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH, MH, Kamis, (09/12/2021).

Acara penghargaan tersebut disaksikan Kepala Daerah Kabupaten/Kota se-Indonesia, penghargaan disampaikan secara virtual di ruang rapat Linggarjati Setda Kabupaten Kuningan.

Turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M. Si., Inspektur Kabupaten Kuningan Drs. Deniawan, M.Si, Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagperin) Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, U. Kusmana S.Sos, M.Si serta tamu lainnya.

Kegiatan penghargaan ini merupakan inisiasi International Council for Small Business (ICSB) Indonesia bersama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia sebagai bentuk apresiasi kepada Kota dan Kabupaten yang berhasil mendorong keberlangsungan pertumbuhan dan perkembangan usaha kecil dan menengah di daerahnya masing-masing.

Natamukti Award 2021 merupakan wadah apresiasi bagi kepala daerah, yang sukses dalam membangun tata kelola dan kemandirian UMKM di daerahnya. Termasuk di dalamnya, upaya promosi UMKM lokal serta mendorong peningkatan kualitas produk , serta membangun ekosistem usaha.

Bupati Acep bersyukur atas penghargaan yang diberikan oleh Kementrian KUKM dan ICSB. Menurutnya, penghargaan itu diperoleh berkat kerja sama dengan instansi terkait, yaitu Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagperin) Kabupaten Kuningan, serta pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Kuningan.

“Penghargaan ini saya dedikasikan untuk seluruh masyarakat Kabupaten Kuningan yang telah mendorong UMKM di Kabupaten Kuningan. Sungguh sebuah kebanggaan dan kehormatan bagi Pemerintah Kabupaten Kuningan telah menjadi bagian dari kegiatan penilaian untuk memenangkan PENGHARGAAN NATAMUKTI 2021.  Ke depan UMKM Kuningan tetap sukses dan Jaya, Jaya, Jaya dan MAJU” ujar Acep .

Selain itu dikatakan Bupati, bahwa di tengah-tengah pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Kuningan akan senantiasa hadir ditengah-tengah UMKM dan berkomitmen untuk terus mendorong kemajuan UMKM, karena menjaga keseimbangan antara kesehatan dan perekonomian dalam penanganan pandemi terus menjadi prioritas Pemerintah Kabupaten Kuningan.

“Saya persembahkan Penghargaan Natamukti ini kepada diskopdagperin dan para pelaku UMKm agar semakin termotivasi dalam memajukan UMKM, teruslah bergerak, pantang menyerah, tetap berinovasi agar UMKM naik kelas” Ucap Bupati bahagia.

Pada kesempatan yang sama Kadiskopdagperin U. Kusmana mengatakan,  Pemerintah Kabupaten Kuningan tidak dapat bekerja sendiri dalam memajukan UMKM di daerah. Oleh karena itu saya mengucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada stakeholder yang telah turut serta dalam pemenangan penghargaan ini. Penghargaan ini diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Kuningan yang telah berhasil memasarkan, mendorong peningkatan kualitas, serta membangun ekosistem UMKM.  

Di jelaskan U. Kusmana, Peraihan PENGHARGAAN NATAMUKTI 2021 ini melalui proses seleksi, penilaian oleh panitia dan para dewan juri yang melibatkan akademisi, peneliti dan praktisi penggerak UMKM serta validasi bersama dengan Tim Kementerian KUKM.

Penilaian dalam seleksi dimaksud meliputi berbagai aspek diantaranya :

1. Kinerja pengembangan UMKM di daerah yakni pertumbuhan jumlah UMKM (year-on- year) di Kabupaten Kuningan pada tahun 2020 dan 2021 serta pertumbuhan jumlah ijin usaha pada tahun 2020 dan 2021;

2. Memiliki program-program komersialisasi terkait akses UMKM ke konsumen dan investor, baik promosi di dalam daerah, antar daerah, maupun luar negeri, khususnya selama masa pandemi;

3. Program-pergram yang telah dilakukan dalam rangka mempertahankan ekosistem yang mendukung pengembangan UMKM selama masa pandemi ini;

4. Memiliki spesialisasi yang menjadi keunggulan daerah serta sumber daya manusia yang mumpuni dalam mengembangkan kualitas produk UMKM;

5. Memiliki platform offline (stakeholder pendukung selain online, seperti keuangan, pemasaran, dan lainnya) yang telah dibangun dalam rangka mendukung pengembangan UMKM di daerah;

6. Regulasi yang telah susun dalam rangka mendukung UMKM di daerah.

Seperti di ketahui Penghargaan Natamukti ini juga sukses berkat terobosan-terobosan yang di munculkan Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan seperti Aplikasi Si Badu Mirakyat, Mobil Promosi Dan Pemasaran Produk UMKM serta Inovasi-inovasi lainnya yang di kembangkan Kopdagperin. (dhn)

Posting Komentar untuk "Unggul dalam Pengembangan UMKM Lokal, Kuningan Raih Penghargaan Natamukti Award "