Loading...

Mengenal Si Kuning, Bunga Jepetan Kuku

KUNINGAN (OKE)- Jepetan Kuku atau Wedelia atau "Sphagneticola trilobata" ialah tumbuhan liar yang mudah ditemukan di area perkebunan, persawahan, padang rumput, dan di pinggir jalan.

Wedelia tumbuh dengan panjang antara 18 hingga 24 inchi. Ia menjalar membentuk suatu bentangan seperti tikar yang menutupi tanah.

Daunnya berwarna hijau cerah dengan panjang daun antara 1 sampai 3 inchi. Permukaan daun wedelia berbulu dan tepi daun bergerigi dengan bentuk lonjong.

Sedangkan bunga Wedelia berwarna kuning cerah yang berukuran kecil dengan kelopak bunga melingkar seperti bunga matahari. Putik dan benang sarinya melingkar penuh di tengah kelopak bunga.

Si Kuning cantik ini berkembang biak secara vegetatif alami yaitu dengan cara merunduk. Nah, batang tanaman yang menyentuh tanah akan tumbuh akar dan menjadi tumbuhan baru.

Tumbuhan ini lebih menyukai daerah lembab tetapi ia juga tahan terhadap kekeringan.

Konon, Jepetan Kuku telah digunakan dalam pengobatan tradisional. Ah masa sih?.

Ya, coba daunnya diseduh seperti teh. Khasiatnya mampu membantu mengurangi gejala flu yang disertai dengan pilek.

Rebusan tanaman Wedelia juga dapat digunakan untuk mandi yang diyakini berkhasiat membersihkan plasenta bagi wanita setelah melahirkan, menghilangkan kram otot, reumatik, memar, dan sakit punggung.(dhn/ig gunung_ciremai) 

Posting Komentar untuk "Mengenal Si Kuning, Bunga Jepetan Kuku"