Loading...

Jambore Nasional Humas Gerakan berkoperasi, Perguruan Tinggi, Expo UMKM dan Pesona Kopi Kuningan


KUNINGAN (OKE)-  Kolaborasi antara Kementerian Koperasi dan UKM RI dan Dinas Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah, Perdagangan Dan Perindustrian (Diskopdagperin) Kabupaten Kuningan.akan menggelar Jambore Nasional Perguruan Tinggi .

Selain itu juga ada Gerakan berkoperasi sekaligus Expo UMKM dan Pesona Kopi . Acara akan digelar di Desa Sakerta Timur, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan  selama dua har yakni Sabtu-Minggu  (18-19/12).

Kadis Kopdagperin  Kuningan,  U. Kusmana, S.Sos, M.Si.menyampaikan agenda tersebut bisa berlangsung berawal dari tawaran Kementerian Koperasi dan UKM RI yang akan menggelar Jambore Nasional Perguruan Tinggi dan Gerakan Berkoperasi. 

”Meski persiapan kita dua minggu ,tapi kita memaksimalkan ,karena sebelumnya agenda ini sudah direncanakan jauh hari namun terhambat karena adanya PPKM” Jelas Uu. 

Untuk pemilihan tempat, lanjut Uu, kenapa di sakerta timur, karena awalnya mau di desa cibuntu,karena cibuntu sudah terkenal, maka dipilihlah tempat lain yang bisa diangkat destinasi wisatanya dan tentu semua seizin dari Bupati dan persetujuan kepala desa setempat.

“Penggabungan 2 event ini kita satunya yaitu Jambore Nasional Perguruan Tinggi Gerakan Berkoperasi dan UMKM Ekspo Pesona Kopi Kuningan menuju pasar global” ungkap U. Kusmana.

Uu menyebut tujuan agenda itu tentu adanya pelatihan-pelatihan dari kehumasan Kementerian Koperasi dan UKM RI  kemudian dengan adanya UMKM Ekspo dan Pesona Kopi Kuningan Agar Bisa Terpublish Secara Nasional.

“Kita ingin produk UMKM kuningan mendapatkan exposure dari luar, produk-produk nya bisa terendorse , sehingga banyak yang peduli dan lebih mengenal UMKM Kab. Kuningan, yang lebih penting nya lagi ini adalah ikhtiar Kopdagperin  untuk pemulihan ekonomi Nasional,dengan UMKM nya yang dikenal secara nasional tentu membantu pelaku UMKM untuk pemenuhan ekonominya” jelas Uu

Selain itu Uu menyebutkan semua peserta jambore yang hadir nanti menginap di rumah warga (homestay) dan makan dan minumnya disiapkan oleh warga sehingga selama jumat sabtu minggu ada peredaran perekonomian disana.

“Dalam jambore nasional dan UMKM ekspo ini tidak sebatas simbolis saja, tapi mempersiapkan pendukung lain, pentahelixnya disiapkan,contoh kita lakukan kerjasama dengan perguruan tinggi untuk pendampingan UMKM dari hulu sampai hilir ,nanti kita simboliskan kerjasamanya,untuk ditindaklanjuti di tahun 2022” kata Uu.

Lebih lanjut jelas Uu, untuk pemenuhan pelaku UMKM pihaknya juga menggandeng paguyuban pariwisata, termasuk toko modern dan lainnya, ketika sudah ada MoU maka ada kewajiban bagi semua untuk menggandeng pelaku UMKM.

“Itu upaya kita agar UMKM di Kabupaten Kuningan naik kelas. Nanti disana kita tampilkan 20 pelaku UMKM dan 30 Komunitas Kopi," ucapnya. (dhn)


Tentu untuk menyemarakan agenda tersebut ,Uu menyebutkan ada beberapa event pendukung lainnya yang ditampilkan , diantaranya vaksin,donor darah,dan pasar murah.


“Dengan sasaran desa seluruh kecamatan darma dan seluruh kecamatan yang berbatasan dengan darma, seperti selajambe,kadugede nusaherang dan pada hari minggu juga kita gelar gowes wisata sehingga kita yakini acara ini sangat meriah,” ungkap Uu. (

Posting Komentar untuk "Jambore Nasional Humas Gerakan berkoperasi, Perguruan Tinggi, Expo UMKM dan Pesona Kopi Kuningan "