Loading...

IMM Demo Tunjangan DPRD Naik, Nuzul: Itu Sudah Seharusya, DPR Punya Ongkos Politik yang Panjang

KUNINGAN (OKE) – Kamis, (16/12/2021) IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiah) Kuningan unjuk rasa di gedung DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah), para mahasiswa mengutarakan aspirasi lantaran kecewa akan kenaikan tunjangan anggota DPRD disaat keadaan ekonomi kuningan sedang miskin ekstrim.

Dengan kenaikan tunjangan tersebut, selain tidak pas secara etis dalam keadaan saat ini, juga dianggap pelemahan fungsi DPRD sebagai pengawas kinerja eksekutif.

Aksi unjuk rasa sempat diwarnai kericuhan, ada Insiden pemukulan yang dilakukan oknum aparat kepolisian kepada salah satu mahasiswa.

Unjuk rasa kemudian dilanjutkan dengan dialog di ruang paripurna dewan. Perwakilan IMM, dari ketua Younggy Septhandika dan korlap Ahmad Irsyad, bergantian ‘menghakimi’ kebijakan yang dianggap tidak manusiawi itu..

Ketua DPRD Nuzul Rachdy (PDIP) ditemani Wakil Ketua H Dede Ismail (Gerindra) menjawab tuntutan-tuntutan di hadapan mahasiswa di gedung dewan.

Dikutip dari laman web kuninganmass.com, Nuzul menjabarkan pada hal yang sifatnya terbaru, kenaikan tunjangan DPRD. Menurut Zul, Legislatif punya ongkos politik yang panjang, punya konstituen yang harus dijaga dan terus dibantu selain disuarakan.

“Apakah dibenarkan, ya. Pemerintah, termasuk legislatif, harusnya disediakan rumah dinas, kendaraan dinas. Tapi karena tidak diberikan (belum sanggup), maka diberikan tunjangan,” sebut Zul.

Kemudian, soal etis atau tidaknya lanjut Zul, justru sudah seharusnya anggota DPRD tunjanganya dinaikan. Karena disaat masyarakat kesusahan, mereka datangnya juga ke anggota dewan dan itu, harus dibantu.

Karena bantuan itu tidak dianggarkan, maka dari tunjangan-tunjangan lain itulah (termasuk yang saat ini naik) bisa dialokasikan untuk ikut membantu masyarakat.

“jika anggota anggota dewan yang tidak ikut mensejahterakan masyarakat di dapilnya (kosntituen) sudah saja tidak usah dipilih lagi di pemilu nanti,”ujarnya. (Dhn) 

Posting Komentar untuk "IMM Demo Tunjangan DPRD Naik, Nuzul: Itu Sudah Seharusya, DPR Punya Ongkos Politik yang Panjang"